Politik Pemerintahan

Lolos Tidaknya ‘Malang Jejeg’ Ditentukan Akhir Mei 2020

Malang (beritajatim.com) – Pemenuhan syarat dukungan bagi calon perseorangan berjargon ‘Malang Jejeg’, sudah dilakukan, Jumat (21/2/2020) sore ini. Diantar ratusan pendukungnya, pasangan perseorangan Heri Cahyono (Sam HC) dan Gunadi Handoko, diterima langsung Ketua KPUD Kabupaten Malang, Anis Suhartini dan seluruh komisioner KPUD.

Menurut Anis, pemenuhan syarat dukungan bakal calon perseorangan sebanyak 129.796 dukungan KTP. “Sebanyak 129.796 dukungan ini harus dipenuhi dulu yang tersebar di 17 kecamatan se Kabupaten Malang. Dari sini kemudian kita lakukan verifikasi. Manakala ada satu yang tidak terpenuhi salinannya, tidak bisa kami terima dan kita beri kesempatan sampai nanti tanggal 23 Februari 2020,” tegas Anis.

Anis menuturkan, pemenuhan syarat dukungan ini adalah proses awal bagi calon perseorangan. “Ini harus dipenuhi dulu syarat dukungannya. Yang harus dipenuhi calon perseorangan yakni B1 KWK dan B11 KWK. Nah ini harus asli dan salinan. Kemudian B2 KWK. Kalau belum menyerahkan, ini belum bisa kami terima dan harus dipenuhi sampai nanti tanggal 23 Februari 2020. Jika memang sudah terpenuhi semuanya, kita hitung tadi 133 ribu yang dimasukkan Silon KPUD dengan fisiknya B1,” ujar Anis.

Anis melanjutkan, sebelum berita acara dibuat, verifikasi adminsitrasi calon perseorangan akan dilakukan tanggal 26 Februari 2020. Setelah itu, baru verifikasi faktual dan kita rekap. “Kalau nanti ada kekurangan, pasti akan kami sampaikan ke tim Malang Jejeg,” pungkas Anis.

Apabila sudah terpenuhi, lanjut Anis, KPUD akan membuat berita acara. Manakala B1 tidak dihitung sebagai syarat dukungan, KPUD akan menyisihkan pada tanggal 26 Februari.

Setelah tahapan itu rampung, KPUD akan melakukan verifikasi faktual perbaikan pada tanggal 26 dan 27 Mei 2020. Dari sini kemudian, KPUD akan menetapkan pasangan perseorangan memenuhi syarat atau tidak sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Malang dari jalur perseorangan.

“Verifikasi faktual perbaikan kita lakukan pada tanggal 26 dan 27 Mei 2020. Baru kemudian ditetapkan jika pasangan perseorangan memenuhi syarat atau tidak sebagai calon perseorangan. Karena pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Malang baru kita lakukan di tanggal 16 Juni 2020,” Anis mengakhiri. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar