Politik Pemerintahan

Lampaui Target Nasional, Angka Pertisipasi Pemilih Sumenep 81,63 Persen

Sumenep (beritajatim.com) – Angka paritispasi pemilih di Sumenep dalam Pemilu 2019 mencapai 81,63 persen. Angka tersebut melebihi target nasional sebesar 77,5 persen.

“Alhamdulillah, angka partisipasi pemilih di Sumenep cukup tinggi. Masyarakat memang terlihat antusias memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019,” kata Komisioner KPU Sumenep, Abdul Hadi, Selasa (07/05/2019).

Ia menilai ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya angka partisipasi pemilih. Diantaranya, sosialisasi berkelanjutan dari penyelenggara pemilu, mulai KPU, PPK, PPS, KPPS, hingga relawan demokrasi. “Selain itu juga massifnya kampanye peserta pemilu oleh tim paslon capres/cawapres, serta caleg parpol,” ujarnya.

Menurut Hadi, tingginya angka partisipasi pemilih juga tidak lepas dari peran aktif ormas, OKP, dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya dalam mensosialisasikan Pemilu 2019. “Selain itu peran media massa juga tidak bisa dikesampingkan. Tingginya angka partisipasi pemilih ini juga dipengaruhi gencarnya pemberitaan di media massa tentang Pemilu,” ucapnya.

Pada Pemilu 2018, jumlah pemilih yang tercatat dalam DPT sebesar 884.288 orang. Dari jumlah tersebut, yang menggunakan hak pilih sebanyak 721.815 orang atau 81,63 persen. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar