Politik Pemerintahan

Lagi, Komisi I DPRD Sampang Bakal Panggil Camat dan Lurah

H.Nasafi, Ketua Komisi 1 DPRD Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, menyepakati dan berencana melakukan pemanggilan terhadap mitra kerjanya, yakni Camat dan Lurah, sebagai bentuk pertanggunjawaban dewan dalam fungsi pengawasan. Pemanggilan itu terkait polemik pelaksanaan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) 2019.

Sekedar diketahui, sejak awal kegiatan ADK di seluruh Kelurahan se-Kabupaten Sampang, sempat menjadi pembahasan. Bahkan Camat dan Lurah sempat dipanggil oleh komisi 1 DPRD. Camat Sampang sebagai pengguna anggaran (PA) dan Lurah selaku kuasa pengguna anggaran (KPA). Namun, bai Camat maupun Lurah mangkir dalam pemanggilan itu.

Ketua komisi 1 DPRD Sampang H. Nasafi menjelaskan, pihaknya sudah melakukan rapat internal antara pimpinan dan anggota. Juga membahas kegiatan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti DPMD, Dispendukcapil maupun Inspektorat selaku mitra kerjanya.

“Agenda pemanggilan kami ini tidak hanya berkaitan dengan dana kelurahan, namun juga berkaitan dengan kegiatan dana desa dan lain-lain tahun anggaran 2019-2020. Sebab mitra kerja komisi, sehingga dalam minggu ini akan melakukan rapat koordinasi,” terangnya, Selasa (14/1/2020).

Lanjut Nasafi, pemanggilan ini tidak hanya karena ada laporan masyarakat, tapi hal ini sebagai bentuk tanggungjawab legislatif sebagai pengawasan tahun 2019.

Hal senada juga disampakan Auliya Rahman, selaku sekretaris Komisi 1 DPRD Sampang, ia mengatakan dalam rapat komisi 1 antara pimpinan dan anggota, sepakat untuk memanggil mitra kerja komisi 1 sebagai bentuk pengawasan. Apalagi sudah ada beberapa laporan warga pada dewan untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan khususnya terhadap ADK.

“Sebagai wakil rakyat yang dipilih langsung, siapapun yang menyampaikan aspirasi pada dewan, harus kita tindaklanjuti. Apalagi berkaitan dengan mitra kerja di komisi,” tandasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar