Politik Pemerintahan

Kuota JCH Pamekasan Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Pamekasan (beritajatim.com) – Jumlah kuota Jemaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten Pamekasan pada tahun ini, jauh lebih banyak dibandingkan total kuota jemaah pada tahun sebelumnya, yakni 2018 lalu.

Saat ini tercatat sebanyak 810 orang yang tercover sebagai JCH, sementara pada tahun sebelumnya tercatat sebanyak 742 orang. “Jika dibandingkan dengan 2018 lalu, kuota haji kita tahun ini meningkat,” kata kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Afandi, Senin (17/6/2019).

“Jadi dari total 742 orang pada 2018, saat ini naik menjadi 810 orang yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Namun jika dibandingkan dengan kuota haji pada 2017, justru menurun. Karena saat itu kuota haji Pamekasan sebanyak 959 orang,” ungkapnya.

Total kuota tersebut sesuai edaran dari Kemenag RI yang disampaikan melalui Kemenag Provinsi Jawa Timur, “Tapi hingga saat ini kami masih menunggu biaya pelunasan para jemaah yang terdaftar dalam kuota JCH tahun ini. Bagi jemaah calon haji yang berhalangan tetap, semisal sakit atau meninggal dunia. Nantinya akan diganti oleh jemaah lain berdasar nomor urut yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Pelunasan biaya haji seyogyanya dilakukan dalam dua tahap berbeda. Terhitung sejak Maret hingga Mei 2019 lalu. “Pelunasan tahap pertama dimulai 19 Maret sampai 10 April 2019, untuk tahap dua mulai 5 April sampai Mei 2019,” sambung Afandi.

“Hanya saja kami belum menerima laporan terperinci dari pihak bank tentang siapa saja yang telah melunasi dan belum melunasi biaya haji. Tapi yang jelas, bagi yang belum melunasi akan diganti jemaah lain yang masuk dalam daftar tunggu,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar