Politik Pemerintahan

KPU Surabaya Jemput Bola ke RSJ Menur

Surabaya (beritajatim.com ) – KPU Surabaya, memberikan kesempatan kepada para pasien gangguan jiwa, Rumah Sakit Jiwa Menur, Surabaya untuk menyalurkan hak suaranya, Rabu (17/4/2019) siang.

Petugas dari TPS 1 Kelurahan Kertajaya Kecamatan Gubeng diturunkan untuk membantu tujuh pasien gangguan jiwa jenis Nafzah atau fungsi kognitif masih bagus. Dibantu oleh lima petugas KPPS secara khusus para pasien gangguan jiwa ini satu persatu mengambil lima surat suara di ruang utama Rumah Sakit.

Mulai dari menjelaakan lima surat suara yang berbeda-beda warna sesuai dengan jenisnya seperti pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Jawa Timur, DPR Surabaya,, masuk ke bilik untuk mencoblos, memasukkan ke kotak suara yang sudah diberi warna dan mencelupkan tangan ke dalam tinta.

“KPU bekerjasama dengan KPPS setempat yakni yang paling dekat menur, dan kita harus memberikan pelayanan karena statusnya mereka ini sakit maka kita ada pembeda dengan yang lain yakni datang ke tempat mereka di rawat karena keterbatasan,” ucap Robian Arifin, Rabu Siang (17/4/2019).

Setidaknya, ada tujuh pasien gangguan jiwa yang berhak menggunakan hal pilihnya di pesta demokrasi Pemilu 2019, dan diketahui baru pertama kali ini para penderita gangguan jiwa bisa menyuarakan haknya memilih pemimpin Indonesia. Namun dengan syarat para penderita masih tergolong pasien gangguan jiwa berjenis Nafza. [way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar