Politik Pemerintahan

KPU Sumenep Temukan 500 Surat Suara Rusak

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 500 surat suara (SS) Pemilu 2019 untuk Kabupaten Sumenep ditemukan rusak.

“Surat suara yang rusak itu ditemukan saat petugas kami melakukan sortasi atau pengecekan surat suara Pemilu 2019,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warist, Rabu (20/02/2019).

Surat suara yang dinyatakan rusak tersebut sebagian besar karena terkena tinta cetakan, dan sebagian lagi berlubang.

“Surat suara yang rusak itu ditemukan merata. Hampir di semua daerah pemilihan (dapil) DPRD Kabupaten, pasti ditemukan ada surat suara yang rusak,” ujar Warits.

Ia menjelaskan, sortasi dan pelipatan surat suara tersebut telah dilakukan sejak Jum’at (15/02/2019). Diperkirakan untuk menuntaskan sortasi dan pelipatan seluruh surat suara, diperlukan waktu 30 hari.

“Karena itu, jumlah surat suara yang rusak dimungkinkan akan bertambah, mengingat proses sortasi dan pelipatan akan terus dilakukan hingga tuntas seluruh surat suara di cek,” ujar Warits.

Sortasi dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 tersebut dilakukan di salah satu gudang milik warga di Jl. KH. Mansyur. Proses penyortiran dan pelipatan surat suara itu dimulai dari daerah pemilihan (dapil) 7 yang meliputi Kecamatan Arjasa, Sapeken dan Kangayan. Kemudian dilanjutkan dengan dapil 6, 5, dan seterusnya hingga tuntas seluruh dapil.

Proses sortasi dan pelipatan surat suara tersebut juga dipantau oleh Bawaslu Sumenep. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar