Politik Pemerintahan

KPU Sumenep Antarkan Berkas 19 Anggota PPS/KPPS Meninggal dan Sakit ke KPU RI

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menyerahkan berkas 19 anggota PPS/KPPS Pemilu 2019 yang mengalami kecelakaan kerja, ke kantor KPU Republik Indonesia, di Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

“Ada 19 badan Adhoc di Sumenep yang pada Pemilu 2019 kemarin mengalami kecelakaan kerja. Yang sakit 9 orang sedangkan yang meninggal dunia 10 orang,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi (24/6/2019).

Seluruh berkas tersebut diterima langsung oleh Biro SDM KPU RI, Rahmawati Budi Utami. Berkas-berkas itu akan diverifikasi kembali oleh KPU RI.

“Ini adalah tanggung jawab kami untuk memperjuangkan hak para penyelenggara Pemilu yang mengalami kecelakaan kerja saat bertugas. Kami akan terus mengawal sampai santunan itu cair kepada yang berhak menerima,” terangnya.

Ia menjelaskan, sesuai informasi dari Biro SDM KPU RI, jika berkas dianggap cukup syarat, maka santunan itu akan dicairkan langsung kepada rekening para penerima, dan tidak melalui KPU Sumenep.

“Untuk besaran santunan, yang meninggal dunia, ahli warisnya akan mendapatkan santunan masing-masing Rp 36 juta. Sedangkan yang sakit variatif, tergantung pada tingkat sakitnya. Semoga saja santunan ini bisa segera cair, untuk membantu meringankan beban mereka,” ujar Rafiqi. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar