Politik Pemerintahan

KPU Sampang Terancam Sandang Status Termohon Gugatan di MK

Sampang (beritajatim.com) – Tidak hanya dua materi gugatan yang sudah teregister di Mahkamah Konstitusi (MK). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, terancam kecipratan sebagai status termohon dalam gugatan sengketa Pemilu 2019 lalu.

Pasalnya, sejumlah pemohon yaitu berasal dari Partai Politik (Parpol) untuk Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dapil XI (Madura) juga melakukan gugatan terhadap KPU RI terkait perselisihan perolehan suara yang saat ini juga teregister di MK.

Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah membenarkan bahwa sejumlah parpol yang di khususkan untuk caleg DPR RI dapil XI melayangkan gugatan dan sudah teregister di MK per 1 Juli 2019 kemarin. Akan tetapi menurutnya, dalam pokok permohonannya sebagaimana berkas pemohon yang tertera dalam akta register tidak mencantumkan locus (tempat) untuk wilayah Kabupaten Sampang.

“Tetapi dimungkinkan juga kebagian locus mengingat gugatan berasal dapil XI (Madura) yang memungkinkan wilayah Sampang masuk dalam materi gugatan untuk persidangan,” terangnya, Jumat (5/7/2019)

Ditanya asal parpol pemohon, Addy menyatakan sementara hasil pantauannya yaitu berasal dari Parpol PKB dan Gerindra yang kesemua locus perkaranya berada di wilayah Kabupaten Bangkalan.

“Yang PKB bukan hanya dari caleg DPRD Jatim, tapi juga dari DPR RI. Kemudian juga dari caleg DPR RI dari Gerindra. Hasil pantauan kami dua caleg DPR RI dari parpol itu yang sudah teregister, Tapi kayaknya masih ada lagi selain itu. Sekali lagi kami tegaskan, apapun nanti kami sudah persiapkan segala kebutuhan untuk penyampaian jawaban dalam persidangan nantinya jika Sampang juga termasuk dalam locus gugatannya,” tandasnya.[sar/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar