Politik Pemerintahan

KPU Pamekasan Tetapkan 45 Legislator Terpilih Awal Agustus 2019

Pamekasan (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, berencana menetapkan calon legislatif (caleg) terpilih serta perolehan kursi DPRD setempat, pada awal Agustus 2019 mendatang.

Padahal sebelumnya, mereka sempat berencana menetapkan 45 legislator terpilih untuk periode 2019-2024, pada awal Juli 2019 lalu. Hanya saja, mereka harus menjalani tuntutan atas sengketa pemilu dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Untuk penetapan 45 anggota DPRD Pamekasan, insya’ Allah awal Agustus 2019 mendatang,” kata Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Halili kepada beritajatim.com, Sabtu (27/7/2019).

Saat ini pihaknya tengah menghadapi satu sengketa di MK, yakni tuntutan dari Partai Gerindra untuk kecamatan Pagantenan, khususnya untuk hasil pileg katagori pemilihan DPR RI. Sekalipun sebelumnya mereka sempat mendapat tuntutan dari mepat partai politik (parpol) berbeda.

“Jadi saat ini gugatan PHPU di MK masih tersisa satu, yaitu dari Partai Gerindra khusus DPR RI untuk kecamatan Pagantenan. Sementara untuk gugatan PPP sudah dicabut, Golkar diputuskan di sidang MK pemohon tidak dikabulkan,” ungkapnya.

Sebelumnya pihaknya juga menyatakan bakal melakukan pleno internal terkait tanggal pelaksanaan penetapan hasil caleg terpilih sekaligus perolehan kursi DPRD setempat, Senin (29/7/2019) lusa. “Senin depan kami akan plenokan tanggal pelaksanaan penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih, pleno internal KPU,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar