Politik Pemerintahan

KPU Pamekasan Pastikan 2 WNA Dicoret dari DPT

Pamekasan (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, menegaskan dua Warga Negara Asing (WNA) yang sempat tercatat sebagai pemilih pada pelaksanaan Pemilu 2019 dicoret dari Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP).

Kedua WNA tersebut masing-masing merupakan warga negara Iran dan Malaysia, bahkan keberadaan keduanya juga sempat menjadi ploting khusus dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan.

“Memang dua WNA ini sempat masuk dalam DPT, tapi sudah dicoret dan tidak lagi masuk dalam DPT-HP seperti yang sudah ditetapkan,” kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Pamekasan, Mohammad Subhan kepada beritajatim.com, Selasa (26/3/2019).

Dari itu pihaknya memastikan saat ini tidak ada lagi WNA yang tercatat dalam DPT-HP, seluruhnya murni merupakan warga Pamekasan. “Seperti kita ketahui, WNA tidak memiliki hak untuk memilih. Kalau ikut mencoblos kan keliru,” ungkapnya.

Seperti diketahui, tercatat sebanyak 706.619 orang tercover dalam DPT-HP Pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019 mendatang. Jumlah tersebut meliputi sebanyak 341.906 pemilih laki-laki dan sebanyak 364.713 pemilih perempuan.

Mereka nantinya bakal menyalurkan hak suara mereka di 3.133 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang didistribusikan di 189 desa dan kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar