Politik Pemerintahan

KPU Pamekasan Kembalikan 1.471 Surat Suara Rusak

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 1.471 lembar surat suara berbagai katagori untuk pelaksanaan Pemilu 2019 di KPU Pamekasan, dinyatakan rusak pasca proses penyortiran surat suara tuntas, Senin (18/3/2019).

Jumlah tersebut selanjutnya dikembalikan ke percetakan sesuai dengan kesepakatan antara KPU dengan pihak percetakan sebagai pemenang tender. Apalagi kerusakan tersebut merata di setiap boks, baik surat suara Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Pileg maupun Pilpres.

“Surat suara yang rusak ini nantinya kita kembalikan ke percetakan untuk diganti dengan surat suara yang tidak rusak, hal itu mengacu pada kesepakatan yang sudah dilakukan,” kata Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah, Kamis (21/3/2019).

Namun secara umum, proses sortir surat suara yang dilakukan di Gudang Logistik KPU Pamekasan di Jl Pintu Gerbang, tuntas dan tinggal menunggu ganti dari percetakan. “Jadi saat ini kita masih menunggu surat suara pengganti dari percetakan,” ungkapnya.

“Dari total sebanyak 1.471 surat suara yang rusak, meliputi sebanyak 223 lembar untuk pilpres, sebanyak 458 lembar untuk DPR RI, sebanyak 235 lembar surat suara DPD, sebanyak 229 lembar untuk DPRD Provinsi, dan sebanyak 326 surat suara DPRD tingkat Kabupaten,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap masyarakat agar bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan yang akan digelar serentak 17 April 2019 mendatang. “Kami berharap masyarakat ikut aktif dan bersama mengawasi tahapan pemilu 2019, demi terciptanya pemilu berintegritas dan berkualitas,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar