Politik Pemerintahan

KPU Kota Malang Siapkan 2 Persen Surat Suara Cadangan

Malang (beritajatim.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zainuddin mengatakan pihaknya menambah 2 persen surat suara cadangan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) surat suara berjumlah sebanyak 623.185 lembar. Kami tambah 12.464 surat suara cadangan atau 2 persen dari total kebutuhan. Jadi saat ini surat suara sebanyak, 635.649 lembar,” kata Zainuddin, Selasa (12/2/2019).

KPU Kota Malang menjamin seluruh surat suara itu sudah mencukupi, seperti saat pemilu presiden sebelumnya. Surat suara itu segera didistribusikan, setelah itu pihaknya akan memeriksa, jika jumlah surat suara kurang KPU Kota Malang bakal melaporkan ke KPU RI.

“Cadangan 2 persen kami rasa cukup karena berdasarkan pengalaman pemilu silam, semua sudah mencukupi meski saat itu ada ribuan pemilih tambahan pengguna formulir A5,” papar Zainuddin.

Selain itu, surat suara dari KPU RI bakal datang secara bergelombang. Pada gelombang pertama datang sebanyak 1.272 kardus berisi surat suara untuk pemilu DPRD Jawa Timur. KPU Kota Malang menargetkan seluruh logistik didistribusikan ke Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) pada 20 Februari. Agar segera disiapkan sebelum dikirim ke TPS.

“Dari pusat datang secara bergelombang selama 3 hari kami teruskan ke PPK sebelum dikirim ke TPS. Dalam waktu dekat kami juga akan menggelar simulasi pemilihan merujuk pada DPT tambahan serta simulasi pengamanannya,” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar