Politik Pemerintahan

KPU Jatim Mulai Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tingkat Provinsi

Surabaya (beritajatim.com) – KPU Provinsi Jatim mulai menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Provinsi dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, Minggu (5/5/2019) hari ini.

Rekapitulasi ini berlangsung di Hotel Singgasana Surabaya hingga Kamis (9/5/2019). Rapat pleno terbuka rekapitulasi ini dihadiri oleh sejumlah peserta pemilu dan KPU kabupaten/kota.

Di antaranya, jajaran Tim Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, saksi dari partai politik, maupun perwakilan saksi untuk caleg perorangan (DPD). Rapat pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan rencana waktu rekapitulasi dilakukan selama lima hari, 5-9 Mei 2019. “Kami mengagendakan lima hari. Namun, kami berharap bisa berlangsung lancar dan tidak harus selesai lima hari. Misalnya, cukup tiga hari,” katanya kepada wartawan.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi ini, dia juga mengajak para peserta pertemuan untuk mendoakan penyelenggara pemilu yang meninggal dunia.

Dia menjelaskan bahwa jumlah petugas yang meninggal di Jawa Timur, baik dari kelompok PPS, KPPS, PPK, hingga linmas, mencapai 88 jiwa.

“Kami juga ikut berduka. Ada 88 petugas, baik PPK, hingga pengawas, gugur saat pelaksanaan tugas maupun pasca acara. Kami meminta waktu untuk berdoa bersama,” tuturnya.

Para peserta pertemuan lantas menundukkan kepala untuk memanjatkan doa. “Kami tahu, bukan hanya petugas, saksi partai juga mungkin ada yang meninggal. Semoga mereka yang gugur diampuni dosanya. Amalnya diterima. Kelurga diberikan ketabahan,” jelasnya.

Di hari pertama, proses rekapitulasi akan dilakukan dengan menghitung hasil suara per kabupaten/kota. Ada tujuh kota yang dibacakan hasil rekapitulasi tersebut, yakni, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Batu, hingga Kota Probolinggo. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar