Politik Pemerintahan

Kotak Suara Dimakan Rayap dan Basah Kena Hujan

Jember (beritajatim.com) – Sejumlah kotak suara pemilu di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami kerusakan. Namun itu tidak mengganggu persiapan pemungutan suara 17 April 2019.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Jember Ahmad Hanafi mengatakan, ada sembilan kotak suara rusak karena dimakan rayap di Kecamatan Sukorambi dan tujuh kotak suara basah terkena air hujan di Kecamatan Sumberbaru. “Saya tidak tahu bagaimana penyimpanannya oleh Panitia Pemilihan kecamatan Sukorambi,” katanya, Senin (15/4/2019).

Namun, lanjut Hanafi, pihaknya sudah mengganti kotak suara yang rusak tersebut. “Stok kotak suara cadangan kami ada 140 unit,” katanya.

Sementara itu di Kecamatan Sumberbaru, kotak-kotak suara yang terkena air hujan bisa dijemur dan tak mengalami kerusakan. KPU Jember tak perlu mengganti kotak tersebut.

Hanafi mengakui, gudang penyimpanan PPK tak seideal gudang yang dimiliki KPU Jember. “Kalau gudang KPU ini kelembaban suhu terjaga. Sementara gudang penyimpanan logistik PPK hanya bangunan biasa. Apalagi sekarang musim hujan, tentu rawan,” katanya.

Namun kerusakan atau gangguan itu tak signifikan. Ini dikarenakan transit kotak suara di PPK hanya sebentar. “KOtak ini hanya sekali pakai,” kata Hanafi. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar