Politik Pemerintahan

Kota Malang Coblosan Ulang Hari Ini, Animo Warga Tetap Tinggi

Malang (beritajatim.com) – KPU Kota Malang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS, yakni di TPS 09 Bunulrejo, Blimbing, TPS 14 Penanggungan, dan TPS 17 Sukoharjo, Klojen, Kamis, (25/4/2019). Coblosan ulang ini dilakukan sejak pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Ketua PPS Kelurahan Sukoharjo, Kota Malang Suci Andayani mengatakan, meski coblosan ulang tak menurunkan animo warga untuk menggunakan hak pilihnya di TPS 17 Sukoharjo. Sebab, panitia memiliki cara unik, salah satunya menggunakan baju batik dan kebaya bagi panitia.

“Dan yang sudah mencoblos bakal dapat coklat yang telah disediakan. Kita harus membikin TPS PSU ini menyenangkan, menggembirakan. Jangan bayangkan PSU ini sebagai hal yang menyeramkan,” kata Suci.

Suci menuturkan, baju batik dan kebaya dilakukan karena juga bebarengan dengan Hari Kartini pada 21 April. Sehingga yang laki-laki menggunakan batik dan blankon, sedangkan yang perempuan menggunakan kebaya. KPPS di TPS 17 Sukoharjo ini terdiri dari 3 laki-laki, dan 4 orang perempuan.

“Karena ini bulan april. KPPS ini juga menyesuaikan dengan Hari Kartini. Terlebih KPPS-nya sebagian besar banyak perempuan. Jadi kami sekaligus mengangkat emansipasi pada perempuan,” paparnya.

Adapun, untuk di TPS 14 Penanggungan jumlah DPT 268 orang, DPTb 16 orang, DPK, 14 orang. Di TPS Sukoharjo, DPT 262 orang, DPTb nihil, DPK 7 orang. Sedangkan di TPS 09 Bunulrejo jumlah DPT 195 orang, DPTb 1 orang, dan DPK 13 orang.

Sementara itu, salah satu warga yang menggunakan hak pilihnya Khuswati mengaku dia datang dari Kepanjen, Kabupaten Malang ke Sukoharjo, Kota Malang untuk ikut PSU. Sebab, meski sudah berpindah ke Kepanjen, dia masih memiliki KTP dengan domisili Sukoharjo. “Sebetulnya waktu ya terbuang. Tapi ya tetap antusias untuk memilih. Tapi kan sayang jika suaranya dibuang,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar