Politik Pemerintahan

Komisi X DPR RI Pastikan Beri Perhatian UMKM di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Para pemilik usaha UMKM di Surabaya kini tidak perlu risau. Pasalnya, pemerintah pusat memastikan diri hadir untuk membantu pengusaha-pengusaha mikro di Kota Pahlawan.

Hal itu terungkap melalui reses yang digelar oleh anggota DPR RI Dapil Jatim 1, Puti Guntur Soekarno. Melalui reses dengan cara keliling wilayah Kenjeran itu, politisi yang juga cucu Bung Karno ini berhasil menjaring beberapa permalasahan dan juga solusi untuk dibahas di sektor pusat.

“Jadi misal tadi saya berdialog dengan para perajin kerang di Pantai Kenjeran Lama, mereka ini kalau saya lihat butuh pelatihan-pelatihan agar motifnya tidak itu-itu saja. Saya lihat tadi kan motifnya dari semua yang perajin hanya itu-itu saja,” ujar Puti Guntur seusai berkeliling.

“Lalu juga dari sektor marketingnya. Sekarang kan harusnya juga sudah bisa online. Ketika sudah dapat pelatihan, saya rasa ibu-ibu ini mampu,” tambahnya.

Selain berkunjung ke para perajin kerang, politisi PDIP yang akrab disapa Mbak Puti ini turut berkunjung ke pengusaha home industry sepatu yang terletak di wilayah Bulak. Apresiasi pun diberikan olehnya. “Kalau yang ini kan katanya tadi pasarnya sudah di luar jawa. Ada sepatu partai (PDIP) juga. Luar biasa,” ujarnya.

“Tapi kan bukan hanya itu saja. Yang seperti ini kan juga butuh bantuan misalnya terkait pendanaan. Itu yang nanti akan saya bawa untuk didiskusikan di Komisi X agar pemerintah pusat bisa hadir,” pungkas Puti Guntur.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana yang juga turut menemani Puti Guntur memastikan jika Pemkot Surabaya siap bersinergi dengan pemerintah pusat terkait sektor UMKM. “Tentunya memang sinergi dengan banyak pihak, terutama pemerintah pusat itu perlu,” tegas politisi yang akrab disapa WS ini.

“Memang pusat-pusat ekonomi baru melalui destinasi wisata ini memang diperlukan di Surabaya. Jika itu ditunjang dengan transportasi publik yang memadai tentunya akan luar biasa sekali,” pungkas politisi yang digadang menjadi suksesor Wali Kota Risma di Pilwali Surabaya 2020 ini.(ifw/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar