Politik Pemerintahan

Komisi X DPR Himbau Masyarakat Kembalikan Benda Dari Situs Sekaran

Menurut Lathifah, pihak BPCB Jawa Timur telah melaporkan ke pusat tentang penemuan ini. Dan semoga, secepatnya ada tindak lanjutnya.

Malang (beritajatim.com) – Penemuan Situs Sekaran di area tol Malang-Pandaan (Mapan) di seksi 5 Kilometer 37, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, mendapat perhatian khusus dari anggota Komisi X DPR RI, Lathifah Sohib, Selasa (19/3/2019).

Menurut Lathifah, penemuan situs purbakala (situs Sekaran, red) ini sebenarnya pihak Komisi X DPR RI belum menerima laporan resmi secara tertulis dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

“Secara resmi, kami Komisi X belum menerima laporan tertulis. Tapi saya sudah mendapatkan informasi dari beberapa teman yang tinggal berdekatan dengan lokasi. Jika BPCB Jawa Timur sudah turun kelapangan untuk melakukan ekskavasi tentang penemuan itu,” kata Lathifa.

Menurut Lathifah, pihak BPCB Jawa Timur telah melaporkan ke pusat tentang penemuan ini. Dan semoga, secepatnya ada tindak lanjutnya. “Mudah-mudahan nanti segera ada tindak lanjut karena ini kan kekayaan hasanah bangsa kita yang harus diamankan. Meskipun mungkin kita sudah kecolongan dalam artian beberapa barang sudah menjadi milik masyarakat,” jelasnya.

Lathifah melanjutkan, jika sudah dimiliki perorangan (masyarakat), masyarakat diimbau supaya mengembalikan, karena benda itu milik negara. Tapi, tentunya Pemerintah akan memberikan kompensasi. “Masyarakat yang telah menemukan diimbau supaya pengambilan kembali, dan Pemerintah akan memberikan reward kepada mereka. Agar benda-benda tersebut menjadi milik negara dan harus dikembalikan kepada negara,” pungkasnya. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar