Politik Pemerintahan

Klaim Raih 10 Kursi, PKB Gemilang di Pemilu Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Meski KPU Jombang belum merilis secara resmi hasil pemilu 2019, namun sejumlah parpol sudah melakukan penghitungan internal. Salah satunya adalah DPC PKB Jombang.

Berdasarkan penghitungan tersebut, PKB mengklaim mendapatkan 10 kursi di DPRD Jombang. Bahkan PKB menyebut sebagai pemenang pemilu 2019 di Jombang. Perolehan suara tersebut tentu cukup gemilang bagi partai berlambang bola dunia tersebut. Pasalnya, pada pemilu 2014, PKB mendapatkan 8 kursi di DPRD Jombang.

“Ada peningkatan dua kursi jika dibanding pemilu 2014. Karena pemilu 2019 ini kita mendapatkan 10 kursi,” kata Ketua DPC PKB Jombang Masud Zuremi, saat melaporkan hasil pemilu ke pengurus PCNU Jombang, Selasa (30/4/2019).

Masud optimistis, hasil penghitungan yang dilakukan PKB tidak akan beda dengan KPU. Pasalnya, data yang dikantongi parpol tersebut berasal dari saksi di seluruh TPS. Sudah begitu, PKB juga sudah mengantongi form C-1.

Ketua DPC PKB Jombang ini menyebut, hasil yang cukup gemilang itu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kesolidan pengurus mulai dari tingkat cabang, anak cabang, hingga ranting. “Semuanya solid. Caleg di lapangan juga bekerja keras,” katanya menambahkan.

Masud menjelaskan, sebenarnya perolehan 10 kursi PKB sama dengan perolehan PDIP. Namun yang membedalan adalah perolehan jumlah suara. Dari enam dapil di Kabupaten Jombang PKB marup 145.484 suara. Sedangkan PDIP sebanyak 143.033 suara.

Disinggung kehadiran pengurus PKB ke kantor PCNU Jombang, Masud menjelaskab bahwa pihaknya sengaja melaporkan hasil pemilu tersebut ke NU. Pasalnya, PKB merupakan partai yang lahir dari rahim NU.

“PKB lahir dari NU. Jadi kami memiliki tanggungkawab kepada yang melahirkan atau orang tua, dalam hal ini NU,” kata anggota DPRD Jombang yang sudah menjabat tiga periode ini.

Ketua PCNU Jombang KH Salmanudin Yazid yang juga hadir dalam forum tersebut memberikan selamat kepada para caleg yang terpilih. Dia juga berpesan agar seluruh caleg tersebut benar-benar bisa menjaga amanah.

“Selamat kepada semua caleg yang terpilih. Kami berharap kehadiran perwakilan PKB di DPRD bisa membangun kerjasama yang harmonis dengan pemerintah daerah,” ujar Gus Salman, panggilan akrab KH Salmanudin Yazid. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar