Politik Pemerintahan

Gus Ipul:

Kiai Sepuh Jatim Berharap Jokowi dan Prabowo Bertemu

Surabaya (beritajatim.com) – Kiai sepuh se-Jawa Timur menyambut baik keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan berharap semua pihak bisa menghormati dan menjalankan keputusan konstitusional tentang sengketa pemilihan presiden kali ini.

“Kiai-kiai dan para ulama berpesan serta berharap semua pihak bisa menghormati. Ini keputusan konstitusional sehingga harus dijalankan,” kata Ketua PBNU, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) usai bertemu sejumlah kiai di kediamannya kawasan Gayungan Surabaya akhir pekan ini.

Para kiai juga mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin yang telah dinyatakan memenangkan proses pemilihan presiden kali ini.

“Selamat Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf. Mudah-mudahan bisa bekerja dengan lebih baik lagi. Pernyataan Pak Jokowi dan Pak Prabowo pascaputusan MK juga sangat menyejukkan bagi kami semua. Ini satu sikap yang berpengaruh pada kerukunan antarumat dan persatuan Indonesia,” kata Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini, para kiai juga mengapresiasi upaya pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang telah menempuh jalur konstitusional melalui Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan sengketa pilpres.

Harapan kiai dan para pihak, lanjut dia, agar Jokowi dan Prabowo bisa bertemu semoga juga segera terwujud. Pertemuan keduanya, dipastikan akan berdampak baik untuk kerukunan dan kepentingan bangsa.

“Para kiai mengakui saat ini ada tantangan besar yang tidak mudah harus dihadapi. Karenanya persatuan dan integritas bangsa yang saat ini dimiliki harus terus dijaga,” tuturnya.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Al Amin Kediri, KH Anwar Iskandar (Gus War) membenarkan bahwa para kiai sepuh di Jawa Timur sangat mengapresiasi sikap Prabowo-Sandi yang menghormati putusan MK.

“Kiai di Jatim sangat menghormati sikap Pak Prabowo yang bisa menerima dan menghormati keputusan MK. Sikap Pak Prabowo ini amat penting bagi upaya untuk mendinginkan situasi dan merajut persatuan Indonesia,” kata Gus War.

Gus War yang bisanya menjadi perwakilan kiai sepuh se-Jawa Timur ini berharap pascaputusan MK, semua pihak bisa kembali bersatu demi Indonesia yang adil, makmur dan selalu mendapatkan ridho dari Allah.

“Para kiai dan ulama senantiasa berdoa agar Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf dalam mengemban amanah berhasil menuju Indonesia yang maju berkeadilan, barokah dan senantiasa mendapatkan ridho Allah SWT,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar