Politik Pemerintahan

Khofifah Siapkan Calon Wali Kota Surabaya, Siapa Dia?

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Terpilih

Surabaya (beritajatim.com) –  Memasuki 2019, kandidat calon Wali Kota Surabaya pasca Tri Rismaharini kian gencar bermunculan. Terutama dari kalangan muda. Baik yang dimunculkan tokoh partai politik, maupun dorongan dari elemen masyarakat.

Satu hal yang ditunggu adalah siapa jago yang akan didukung Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa. Sebab, sejumlah pengamat politik menyebut Pilwali Surabaya 2020 bakal sangat dipengaruhi faktor perempuan yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

Pertimbangannya, selain pemenang Pilgub Jatim 2018 dengan selisih persentase signifikan, 7,1 persen, Khofifah memiliki basis sosial cukup kuat, yakni soliditas dan loyalitas warga Muslimat NUterhadap ketua umumnya serta sebagian besar pemilih dari Nahdliyin.

Terbukti, Khofifah sukses menjungkalkan jago PDIP, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno di Kota Pahlawan yang selama ini dikenal sebagai ‘kandang banteng’. Bahkan, secara khusus, pengamat politik asal Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman meminta agar PDIP memikirkan pengaruh Khofifah.

Lantas, siapa jagonya Khofifah? Mantan Menteri Sosial itu masih enggan berkomentar karena belum ‘subuh’, alias masih terlalu dini — bahkan belum pagi — untuk membicarakan dukungan di Pilwali Surabaya, lebih-lebih menyiapkan calon yang akan didukung.

Namun orang dekat Khofifah, KH Muhammad Roziqi menuturkan, sebenarnya Khofifah sudah mempunyai beberapa kandidat kuat tapi masih disimpan. “Sudah ada, masih disimpan. Belum waktunya dikeluarkan,” katanya, Minggu (5/1/2019).

Mantan ketua Tim Kampanye Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018 itu juga memberi sinyal, kalau jago yang akan didukung Khofifah dari kalangan muda.

“Beliau kan sudah menyampaikan belum subuh. Tapi menurut saya pribadi, Surabaya perlu dipimpin generasi muda yang punya wawasan jauh ke depan. Punya kecerdasan, serta punya akses untuk menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Saat dipertegas, apakah itu berarti jago yang akan didukung Khofifah dari kalangan muda, Kiai Roziqi enggan memberi jawaban pasti. “Kemungkinan seperti itu, tapi saya belum tahu persis,” elaknya.

Apakah jago dari kalangan muda itu ikut mendampingi Khofifah selama berproses di Pilgub Jatim 2018? “Wah ini lama-lama kok… mengarah,” sergahnya sambil tersenyum. “Bisa iya, bisa tidak,” sambungnya, lagi-lagi sambil tersenyum.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar