Politik Pemerintahan

Dilantik Hari Ini

Khofifah Harap Bupati Pungkasiadi Bawa Ruh Majapahit di Kabupaten Mojokerto

Bupati Mojokerto Pungkasiadi

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi resmi dilantik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai Bupati Mojokerto di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (14/1/2020).

Pungkasiadi menggantikan Mustofa Kamal Pasa yang terlibat kasus korupsi. Pungkasiadi akan menjadi bupati hingga periode jabatan 2016-2021 selesai.

Gubernur Khofifah dalam sambutannya meminta Pemkab Mojokerto untuk langsung tancap gas. “Karena RPJMD (provinsi) kita harus segera menyesuaikan dengan RPJMN. Setelah itu RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) kita menyesuaikan dengan RKP,” kata Khofifah kepada wartawan.

Mantan Menteri Sosial itu berharap Kabupaten Mojokerto membawa kebangkitan ruh Majapahit untuk Jawa Timur. Program yang telah dicanangkan mampu membangkitkan kekuatan nasionalisme dan kebangsaan.

“Ruh Majapahit adalah sejarah besar nusantara bagaimana bhinneka tunggal ika, bagaimana merah putih yang akhirnya kemudian menjadi referensi nasional,” tegasnya.

Secara khusus, Khofifah meminta Mojokerto juga menjadi bagian dari implementasi Perpres 80/2019. Konektivitas transportasi publik yang menghubungkan wilayah Gerbangkertosusilo diharapkan mendapat dukungan penuh dari Pemkab Mojokerto.

“Mojokerto itu menjadi bagian yang cukup signifikan untuk bisa melihat bagaimana percepatan pembangunan ekonomi menjadi bagian yang tidak terpisahkan pada mandat percepatan ekonomi Jatim melalui Perpres 80/2019,” tandasnya.

Pungkasiadi berkomitmen melanjutkan program kerja yang telah disusun bersama Mustofa Kamal Pasa, sesuai RPJMD Mojokerto. “Kami punya RPJMD yang jelas akan kita lanjutkan,” ujar Pungkasiadi.

Pelaksanaan RPJMD ini, kata Pungkasiadi, akan selaras dengan rencana pembangunan yang telah tertuang dalam Perpres 80 Tahun 2019. Terutama yang menyangkut pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Beberapa program yang masuk dalam kinerja tahun ini diantaranya, jalan tol Pasuruan-Mojokerto, kawasan ekonomi khusus, serta pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (LPTSa). “Jadi kami nanti memang akan masuk perpres, seperti yang tadi dibilang Bu Khofifah, juga ada sinkronisasi ke pusat,” ungkapnya.

Pungkasiadi optimistis di sisa waktu masa jabatan yang hanya 13 bulan akan mampu membawa peningkatan pada SDM masyarakat Kabupaten Mojokerto. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar