Politik Pemerintahan

Khofifah : Crop Circle di Kabupaten Kediri Tak Sekadar Destinasi Wisata

Kediri (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan lapang di lahan pertanian Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Lokasi yang dikunjungi adalah wahana crop circle pertanian yang sedang hits di media sosial.

Kepada awak media, Gubernur Khofifah menyampaikan agar crop circle ini tidak hanya menjadi destinasi wisata baru. Namun juga menjadi wahana edukasi pertanian kepada masyarakat dari semua lapisan masyarakat.

“Semua ditawarkan berkunjung ke wisata edukasi crop circle ini. Yang masih PAUD dan SD bisa belajar mengenal nama buah dan sayur. Nantinya diajarkan pula pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah dengan cara olahan yang menarik. Sehingga anak suka,” jelasnya.

“Sementara untuk yang SMP dan SMA sederajat bisa lebih advance, yakni dengan belajar mengenal varietas dan cara pengembangan budidaya holtikultura. Harapannya dapat menginspirasi agar menjadi kepedulian kepada lingkungan dan cermat memahami potensi agrobisnis,” tambahnya.

“Bagi mahasiswa bisa belajar teknologi pertaniannya. Sedangkan bagi pelaku UMKM bisa belajar mengelola paket wisata edukasi yang dipadukan dengan pengolahan UMKM dari hasil pertanian yang ada,” tuturnya.

Dijelaskan kembali oleh Gubernur Khofifah, peran Pemprov dan Pemkab adalah memberikan pendampingan bagaimana membuat nilai tambah dari potensi yang dimiliki. Sementara untuk inovasi produk yang dikembangkan masyarakat tidak akan dibatasi.

“Inovasi (crop circle) ini out of the box. Harapannya crop circle ini bisa bertransformasi menjadi Dewi Cemara (desa wisata cerdas mandiri dan sejahtera). Yakni desa yang dikunjungi wisatawan dimana masyarakatnya menawarkan wisata edukasi yang mencerdaskan. Sehingga menjadi desa yang mandiri serta masyarakatnya sejahtera,” pungkasnya. [adv kominfo / nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar