Politik Pemerintahan

Ketua PFI Malang Desak Dewan Pers Segera Lakukan Verifikasi

Malang (beritajatim.com) – Fotografer Jawa Pos Radar Malang, Darmono terpilih sebagai Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang untuk periode 2019-2023. Darmono unggul atas Aris N Hidayat (Tempo) dan Ari Bowo Sucipto (Antara) dan Bahana Patria Gupta (Kompas) dalam pemungutan suara pemilihan ketua PFI.

Darmono mendapat 6 suara, Aris mendapat 5 suara dan Ari Bowo mendapat 5 suara. Musyawarah Daerah PFI Malang dihadiri oleh 17 anggota, sedangkan jumlah anggota PFI Malang berjumlah 23 orang.

Sebelum pemilihan ketua PFI Malang yang baru, agenda Musda dimulai dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ) dari pengurus yang lama.

Hayu Yudha Prabowo, Ketua PFI Malang periode sebelumnya berharap ke depan PFI Malang semakin dikenal di masyarakat dengan kegiatan-kegiatannya, serta semakin solid rekam jejaknya. “Selain bisa mewadahi seluruh jurnalis foto di Malang, diharapkan ketua baru nantinya dapat membawa organisasi dengan lebih baik,” ujarnya.

Sementara ketua PFI Malang terpilih, Darmono mengatakan langkah awal yang bakal dia lakukan adalah mendesak dewan pers agar melakukan verifikasi terhadap PFI. Baik PFI pusat maupun PFI di sejumlah daerah. Sebab, sejak berdiri pada tahun 1998 PFI belum terverifikasi atau belum diakui namun sudah terdaftar di dewan pers.

“Dewan pers harus segera melakukan verifikasi, anggotanya sudah jelas, pusat dan daerah sudah ada, beberapa sudah di verifikasi cabang dengan faktual. Malang menunggu dijadwalkan untuk verifikasi. Jumlah kami 23 anggota. Tahun ini proses verifikasi jika dewan pers ingin verifikasi di Malang kami siap,” tandas Darmono.

Menurut, Darmono verifikasi dari dewan pers penting bagi anggotanya. Sebab, PFI ingin melakukan uji kompetensi anggota sebagai salah satu tujuan memajukan pewarta foto atau foto jurnalistik di Indonesia. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar