Politik Pemerintahan

Keren, Pesawat TNI AU ini Dibekali Alat Canggih saat Terbang Malam

Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AU (Kadisoplatau) Marsma TNI Kusworo menyalami para penerbang tempur.(foto : Penlanud Iswahjudi).

Magetan (beritajatim.com) – TNI AU membekali pesawat tempurnya dengan perlengkapan pendukung personel Night Vision Goggles (NVG). Perlengkapan ini berguna untuk meningkatkan pengalaman, pemahaman, dan peningkatan kemampuan penerbang tempur khususnya Skadron udara 15.

Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AU (Kadisoplatau) Marsma TNI Kusworo menegaskan bahwa kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat, baik pesawat tempur maupun peralatannya. Para penerbang TNI AU harus memiliki kemampuan terbang malam hari. Kemampuan terbang malam harus sama dengan terbang siang hari. “Night Vision Goggles (NVG) dapat membantu penglihatan penerbang saat malam hari,” kata Marsma TNI Kusworo, Selasa (22/10/2019).

Dalam latihan beberapa hari kedepan, akan diadakan latihan Ground school, Basic NVG theory, NVG handling dan human performance using NVG serta praktek terbang. Dengan peralatan ini, operasi terbang malam, para penerbang akan semakin baik. “Sehingga selaku penerbang tempur kita siap apabila penerbang dibutuhkan oleh negara sewaktu-waktu,” katanya.

Kepada para penerbang, Marsma TNI Kusworo berpesan untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi selama melaksanakan latihan. Jangan terpaku terhadap satu hal yang menjadi kebiasaan. “Tetapi temukan hal-hal baru yang dapat membangun dan meningkatkan kemampuan di masa yang akan datang,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Widyargo Ikoputra, beliau berpesan untuk tetap mengedepankan safety, dalam setiap latihan. Tetaplah bertindak sesuai prosedur dan tentunya jangan lupa berdoa. “Latihan NVG ini baru pertama kali dilatihkan bagi penerbang tempur TNI AU. Dan kebetulan Skadron Udara 15 mendapat pertama kali untuk melaksanakan Night Vision Goggles (NVG) Trainning,” katanya.

Night Vision Goggles (NVG) merupakan piranti yang sangat penting bagi operasi militer saat ini. Terutama dalam operasi malam hari. Dan berikut ini adalah NVG dengan empat tube yang digunakan tim Six, Navy Seal AS dalam operasi raid ke persembunyian Osama Bin Laden di Pakistan. Night Vision Goggles (NVG) adalah seperangkat helmet yang mekanisme kerja perangkat NVG di atas. Yaitu night vision menangkap thermal imaging. Thermal imaging adalah obyek yang terlihat memancarkan sinar infra merah. Sinar infra merah tersebut, muncul pada setiap obyek yang memiliki energi, seperti panas tubuh. Sinar infra merah yang muncul membentuk obyek yang mudah dikenali.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar