Politik Pemerintahan

Gerakan Rabu Putih

Kerahkan 5.511 Kader, Ansor Kabupaten Kediri Ancam Sikat Pelaku Money Politic

Kediri (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Kediri, Jawa Timur akan mengerahkan ribuan kadernya saat hari pencoblosan Pemilu, 17 April mendatang. Para kader bakal ditempatkan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kita menjalankan instruksi pengurus pusat, akan mengadakan Gerakan Rabu Putih untuk membuat nyaman masyarakat di TPS. Sahabat-sahabat Ansor dan Banser sebanyak 5.511 orang kita tempatkan di TPS,” kata PC GP Ansor Kabupaten Kediri, Munasir Huda usai menggelar rapar koordinasi cabang di Kantor PC GP Ansor Kabupaten Kediri, Senin (2/4/2019).

Kader yang diterjunkan dalam ‘Gerakan Rabu Putih’ ini sejumlah TPS di Kabupaten Kediri yakni, 5.511 TPS yang tersebar di 26 kecamatan. Sehingga, tiap satu TPS akan dijaga oleh satu kader Ansor maupun Banser berpakaian serba putih.

Pengerahan ribuan kader pada tiap TPS tersebut, imbuh Gus Huda, sapaan akrab Munasir Huda, selain untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada pemilih, juga untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu.

“Kami berikan kenyamanan bagi pemilih dan penyelenggara pemilu dari ancaman sebagaimana yang sudah beredar melalui berita hoax diberbagai media sosial. Pasukan Rabu Putih juga menghiumbau kepada masyarakat agar tidak golput, tetapi menggunakan hak pilihnya dengan baik,” bebernya.

Disamping itu, imbuh Gus Huda, apabila kadernya menemukan pelanggaran di TPS baik yang dilakukan oleh calon maupun penyelenggara akan ditindaklanjuti melalui laporan ke PC GP Ansor Kabupaten Kediri dan PW GP Ansor Jawa Timur.

“Yang tidak kalah pentingnya, kami juga akan mengawasi pelaksanaan Pemilu ini dari praktek politik uang. Bila di lapangan kita temukan pelaku money politic, akan kita amankan,” tutupnya dengan nada mengancam kepada pelaku money politic.

Sebagaimana diketahui, PP GP Ansor akana mengadakan Gerakan Rabu Putih saat pemungutan suara. GP Ansor mengerahkan sedikitnya 4 juta kader Ansor dan Banser se-Indonesia untuk memberikan kenyamanan bagi pemilih dan penyelenggara yang menjalankan tugasnya. Gerakan Rabu Putih tersebut langsung diinstruksikan ke wilayah dan di-breakdown ke cabang yang ada di tingkat kota dan kabupaten. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar