Politik Pemerintahan

Keputusan Bupati: Tidak Ada PSU di Desa Pager, Cakades 02 Pemenangnya

Ponorogo (beritajatim.com) – Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni akhirnya mengambil keputusan terkait polemik pilkades Desa Pager, Kecamatan Bungkal. Bupati mengambil sikap bahwa pilkades Pager dimenangkan oleh cakades 02 Setyorini.

“Pak Bupati memutuskan mengesahkan kemenangan cakades 02 Setyorini,” kata Sekda Agus Pramono, saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (9/7/2019).

Agus menyebut, bupati mengambil keputusan itu tentu sudah melalui pertimbangan. Setelah didiskusikan bersama dengan pihak-pihak yang terkait, bahwa cakades 01 dan 02 ini mempunyai tujuan yang sama, yakni kondusifitas Desa Pager.

Permasalahan selisih dua jumlah DPT yang datang dan jumlah surat suara di kotak, dikembalikan pada perbup. Dimana yang menjadi tolak ukur perhitungan adalah yang ada dikotak suara. “Menjadi masalah jika dalam kotak itu surat suaranya lebih banyak dari pada jumlah DPT yang datang,” katanya.

Pertimbangan berikutnya, seandainya kata Agus, selisih 2 surat suara itu ikut cakades 01, sehingga jumlah suara antara cakades 01 dan cakades 02 menjadi sama. Sesuai perbup dikembalikan pada jumlah DPT di masing-masing dusun asal cakades.

Dan hasilnya DPT-nya lebih besar di dusun cakades 02 dibandingkan cakades 01. “Jadi seumpama draw atau sama, yang jadi juga tetap cakades 02,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar