Politik Pemerintahan

Kementerian ESDM Bantu 8 Unit Sumur Bor di Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan bantuan 8 unit sumur bor di tiga kecamatan Kabupaten Malang, Rabu (16/10/2019). Bantuan sumur bor ini untuk menanggulangi kesulitan air bersih yang dirasakan masyarakat setempat.

Sebagai informasi, kekeringan di Kabupaten Malang tahun ini, sangat dirasakan masyarakat pedesaan. Meski terdapat sumur bersama dan sungai alam yang biasa dijadikan sumber air bersih, lokasinya cukup jauh dan sulit dijangkau. Kelangkaan air bersih pun bertambah karena debit air musim kemarau turun drastis.

Penyerahan sekaligus peresmian sumur bor dipusatkan di dusun Banyuurip, Desa/Kecamatan Pagak, oleh Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar.

Dalam sambutannya Arcandra mengatakan, peresmian sumur bor ini diharapkan dapat digunakan masyarakat Kabupaten Malang untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. “Di 2019 ini, Pemerintah Pusat (Kementrian ESDM, red) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan didukung oleh DPR RI (Komisi VII) telah membangun 8 unit sumur bor di 3 kecamatan,” ungkapnya.

Menurut Arcandra, 8 sumur bor terletak di Kecamatan Pagak, Bantur, dan Donomulyo. Untuk setiap sumur bor tersebut memiliki spesifikasi teknis kedalaman antara 126 meter. Debit airnya mencapai 1,7 liter per detik. Lengkap dengan rumah pompa dan rumah panel. Sumur bor tersebut juga ditopang dengan tandon air berkapasitas 5000 liter.

“Di Pagak ini ada 4 unit, di Bantur 3 unit, dan Donomulyo 1 unit. Sumur-sumur tersebut memiliki kapasitas layanan air bisa mencakup hingga 2.500 jiwa,” paparnya.

Sutarno, warga Dusun Banyuurip, Pagak, mengaku sangat terbantu dengan adanya sumur bor tersebut. Sutarno bersama warga mengatakan, sudah tak pusing lagi untuk mendapatkan layanan air bersih. “Saat musim kemarau air tak lancar. Semoga adanya sumur bor bisa memenuhi kebutuhan air keluarga,” ucapnya.

Hingga akhir 2018, Kementerian ESDM telah membangun 2.288 sumur bor di seluruh Indonesia. Pada tahun lalu, sebanyak 506 unit sumur telah dibangun. Sedang khusus tahun ini, Kementerian ESDM ditargetkan membangun 650 unit sumur bor.

Dari keberadaan sumur bor tersebut, mampu menyediakan 144,4 juta meter kubik per tahun, melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa yang tersebar di 312 kabupaten se-Indonesia pada 33 propinsi. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar