Politik Pemerintahan

Kali Pertama Gus Ipul Bertemu Khofifah, Ini yang Dibahas

Surabaya (beritajatim.com) – Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendatangi kediaman Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa di kawasan Jemursari Surabaya, Minggu (10/2/2019) malam.

Kedua tokoh ini kali pertama bertemu setelah bertarung sangat sengit di Pilgub Jatim 2018 lalu.

Pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak mendapatkan 10.465.218 suara (53,55 persen), sedangkan pasangan calon Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno 9.076.014 suara 46,45 persen atau selisih 7,11 persen. Apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut?

“Saya dalam rangka mengundang Gubernur terpilih Bu Khofifah pada acara Pramuka Bersholawat di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Selasa (12/2/2019) malam,” ujar Gus Ipul kepada beritajatim.com.

Pertemuan kedua tokoh NU ini bisa menjadi awal komunikasi yang baik untuk percepatan pembangunan Jawa Timur. Khofifah pada 13 Februari 2019 mendatang akan dilantik sebagai gubernur, sedangkan Gus Ipul sendiri pada 12 Februari 2019 akan mengakhiri jabatannya setelah 10 tahun menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.

Gus Ipul tiba di kediaman Khofifah sekitar pukul 22.30 WIB, keduanya tampak saling akrab, apalagi antara Gus Ipul dan Khofifah merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU). Saat Gus Ipul menjadi Ketua Umum GP Ansor, di saat bersamaan Khofifah juga menjabat Ketua Umum PP Muslimat NU.

Gus Ipul adalah keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sedangkan Khofifah adalah santri Gus Dur, sehingga baik Gus Ipul maupun Khofifah sebenarnya sudah lama saling berteman.

“Kami sudah lama berteman. Saat Pilgub Jatim, kami memang berkompetisi, namun usai pilgub ya sudah kami bersyukur bisa berjalan damai dan lancar,” kata Gus Ipul di kediaman Khofifah.

Dalam momentum bersejarah ini, Khofifah juga sempat menyuguhkan durian khusus dari Wonosalam, Jombang untuk Gus Ipul. Selain itu, Khofifah juga menyuguhkan kopi kesukaan Gus Ipul.

Sementara itu, dalam pertemuan ini, Gus Ipul juga memberikan beberapa masukan karena Khofifah sebentar lagi juga dilantik sebagai Gubernur Jawa Timur.

“Saya memberikan sedikit masukan untuk referensi bagi Bu Khofifah,” tuturnya.

Gus Ipul misalnya berharap proses pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran bisa lebih cepat dari periode sebelumnya.

“Saya juga mendoakan agar selama menjadi gubernur nanti, Bu Khofifah bisa lebih sukses,” tutur Gus Ipul.

Gus Ipul juga berpesan agar Khofifah ketika memimpin bisa menciptakan legacy sebagai penanda. Gus Ipul mencontohkan penanganan banjir tahunan di Sampang, hingga saat ini tak kunjung bisa diselesaikan dan berharap Khofifah bisa menyelesaikannya.

Selain itu, sebagai Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur, Gus Ipul juga mengusulkan kepemimpinan Khofifah bisa membangun Bumi Perkemahan berskala global. Bumi perkemahan ini sebenarnya sudah diusulkan Gus Ipul saat menjabat wakil gubernur.

Sementara itu, menanggapi usulan ini, Khofifah berjanji akan memasukannya dalam skala prioritas 99 hari pertama setelah dilantik.

Khofifah sendiri menyanggupi untuk bisa hadir dan bersama membaca saalawatan dan doa dalam acara Pramuka Bersholawat itu. Bahkan, Khofifah balik mengundang Gus Ipul untuk bisa hadir di acara silaturahmi hari pertama kerja sebagai gubernur pada tanggal 14 Februari 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Insya Allah saya akan mengusahakan hadir diundang Bu Gubernur Jatim yang baru,” pungkas Gus Ipul. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar