Politik Pemerintahan

Kado Hari Jadi ke-74 Jatim, Dinas PRKPCK Jatim Launching ‘SIBantek’

Surabaya (beritajatim.com) – Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKP dan CK) Provinsi Jatim, Moh Rudy Ermawan Yulianto mempersembahkan kado spesial untuk Hari Jadi ke-74 Provinsi Jatim yang jatuh pada 12 Oktober 2019. Apakah itu?

Kado itu adalah Sistem Informasi Bantuan Teknis (SIBantek) yang dikembangkan oleh DPRKP dan CK Jatim.

Dalam menjalankan proses manajemen, menurut Rudy, prinsip POAC merupakan salah satu cara yang paling banyak dipergunakan. Yakni, planning, organizing, actuating dan controlling.

“Prinsip manajemen ini banyak digunakan dewasa ini untuk memajukan dan mengelola sebuah organisasi. Agar pengelolaan organisasi dapat direalisasikan dengan baik, diperlukan instrumen yang dapat membantu sekaligus mudah diimplementasikan dan dioperasikan oleh sumber daya manusia (SDM) yang terlibat. SIBantek adalah instrumen itu,” tegasnya kepada wartawan di kantornya, Selasa (8/10/2019).

Dia menjelaskan, SIBantek merupakan instrumen untuk mempermudah pengelolaan bantuan teknis, perencanaan kegiatan dan pembagian sumber daya tenaga ahli dalam pelaksanaan serta pengawasan, memonitor aktualisasi kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan waktu yang sudah ditentukan, serta melakukan monitoring agar tiap-tiap tugas yang diberikan dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

“SIBantek merupakan instrumen berbasis teknologi informasi yang berjalan di atas jaringan internet dengan web based and mobile technology approach, dilengkapi dengan spatial database menggunakan API Google Map,” jelas mantan Kabid Tata Bangunan Dinas PRKP dan CK Provinsi Jatim ini.

Keberadaan SIBantek ini, lanjut dia, diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan pengelolaan kegiatan bantuan teknis. Yakni, dimulai dari permohonan bantuan, perencanaan, penetapan PTK dan tenaga teknis arsitektur, mechanical engineering, struktur, RAB dan RKS, pelaksanaan site meeting, saran serta masukan selama pelaksanaan dan pengawasan berkala selama kegiatan pembangunan infrastruktur berlangsung.

“Diharapkan SIBantek juga menjadi instrumen monitoring sekaligus evaluasi dari kegiatan bantuan teknis yang diselenggarakan oleh Bidang Tata Bangunan, dan dapat dipergunakan di manapun termasuk di lokasi kegiatan, sehingga mempermudah dan mempercepat pelaporan kegiatan, baik dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web maupun berbasis mobile,” pungkasnya. [tok/adv]

Apa Reaksi Anda?

Komentar