Politik Pemerintahan

Kades Dapat Motor Baru Tahun Ini

Bupati Ipong Muchlissoni (Foto: Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kabar gembira bagi kepala desa (kades) di Ponorogo, selain sudah mendapatkan penghasilan tetap (siltap) setara ASN. Tahun ini, mereka akan mendapatkan sepeda motor baru dari Pemkab Ponorogo. Meski memang belum semuanya akan mendapatkan kendaraan untuk penunjang pekerjaan kades tersebut. Tetapi setidaknya dari 307 kades, separuhnya yang akan dikasih dulu.

”Awalnya pengennya semua kades dikasih, tapi melihat kondisi keuangan, sementara bertahap sekitar 150 kades dulu,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Jumat (3/1/2020).

Untuk 150 unit sepeda motor tersebut, Pemkab Ponorogo menganggarkan sekiatr 4,5 miliar. Dengan estimasi harga Rp. 30 juta per 1 unit motor. Namun pihaknya juga akan melihat keadaan geografis dari kades tersebut. Jika berada di pegunungan, tentu sepeda motor yang akan diberikan jenis motor trail.

”Nanti akan ada 50 sepeda motor trail untuk desa yang berada di pegunungan,” kata Ipong.

Sedangkan desa selain geografis pegunungan, akan diberikan sepeda motor bebek maupun jenis matic. Jika harga sepeda motor trail dikisaran angka Rp 32-34 juta, Ipong menyebut akan disubsidi dengan sepeda motor yang di kota yang kisaran harganya kurang dari Rp 30 juta.

”Sisa kades yang belum dapat ya diusahakan dari dana PAK nanti, namun jika tidak ada ya dianggarkan di tahun 2021,” kata bupati yang berlatar belakang pengusaha itu.

Tujuan pemberian sepeda motor baru bagi kades ini, kata Ipong semata-mata hanya untuk menunjang kinerja kades supaya lebih baik. Selain itu, pengadaan sepeda motor untuk kades ini terakhir kali pada 12 tahun yang lalu. Tentu tidak berlebihan jika pengadaan lagi pada tahun ini.

”Jadi sepeda motor lama nanti bisa digunakan untuk sekretaris desa (sekdes). Nah, sedangkan sepeda motor sekdes bisa untuk operasional desa,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar