Politik Pemerintahan

Tanpa Mengubah TPS Reguler

Jumlah TPS Pamekasan Bertambah

Pamekasan (beritajatim.com) – Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di Pamekasan, bertambah tanpa merubah TPS Reguler yang sudah ditetapkan dalam Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, beberapa waktu lalu.

Berdasar hasil pleno, tercatat sebanyak 3.133 TPS tersebar di 189 desa/kelurahan di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Tambahan tersebut khusus untuk TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) setempat.

“Prinsipnya TPS reguler tidak ada perubahan, kecuali di Lapas ada tambahan TPS DPT Hasil Perbaikan, yakni di Lapas Kelas IIA Pamekasan, dan Lapas Narkotika,” kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Pamekasan, Mohammad Subhan, Senin (25/2/2019).

Tambahan tersebut sekaligus menjadikan jumlah TPS bertambah menjadi sebanyak 3.135 TPS. “Jadi TPS reguler tetap dan tidak ada perubahan, hanya kemungkinan perubahan di TPS Lapas yang akan dipasang dua TPS,” ungkapnya.

Berdasar hasil penghitungan jumlah DPT Pemilu 2019 yang dilakukan KPU Pamekasan, tercatat sebanyak 706.619 orang tercover dalam DPT-Hasil Perbaikan tahap tiga termasuk pemilih disabilitas. Meliputi sebanyak 341.906 pemilih laki-laki dan sebanyak 364.713 pemilih perempuan.

“Jadi kalau misalkan nanti ada data ganda, harus ada rekomendasi dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) untuk proses perbaikan surat suara. Namun untuk saat ini tetap seperti hasil pleno kemarin, yakni sebanyak 706.619 DPT,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar