Politik Pemerintahan

Jumlah Peserta Tes PPK Pilbup Jember Terbanyak di Jatim

Gogot Cahyo Baskoro Komisioner KPU Propinsi Jatim

Jember (beritajatim.com) – Jumlah peserta tes seleksi panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Jember terbanyak dibandingkan 18 kabupaten dan kota lain yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah.

Total dibutuhkan 155 orang anggota PPK yang bertugas di 31 kecamatan di Jember. Jumlah pendaftar rekrutmen mencapai 1.041 orang. “Jumlahnya memang cukup fantastis,. Tertinggi di Jawa Timur,” kata Gogot Cahyo Baskoro, salah satu komisioner Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, Sabtu (1/2/2020).

Tes PPK serentak sudah digelar pada 30 Januari 2020 lalu. Ada 955 orang peserta tes di Jember, karena 86 orang tidak lolos seleksi administrasi. Sebagian di antaranya pernah dua kali menjabat PPK periode sebelumnya.

Dari 19 kabupaten dan kota, hanya empat KPU daerah, termasuk Jember, yang mendapatkan lampu hijau menggelar tes tulis dengan sistem CAT (Computer Assist Test). “Sementara 15 kabupaten dan kota menyelenggarakan tes tulis secara manual,” kata Gogot.

KPU Jatim memang memberikan kebebasan kepada KPU kabupaten dan kota memformat tes tulis berdasarkan kemampuan masing-masing. “Kami hanya memberi panduan. Tentu materi tes tidak keluar dari UU Nomor 10 Tahun 2006 tentang Pilkada, terkait penguasaan wilayah, dan hal-hal lain terkait kepemiluan,” kata Gogot. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar