Politik Pemerintahan

Jumlah Pendaftar Pengawas TPS Pamekasan Tak Penuhi Target

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, Abdullah Saidi menyampaikan jumlah pendaftar Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) belum memenuhi target yang sudah ditentukan.

Padahal tahapan pendaftaran proses rekrutmen calon PPTS, juga sempat diperpanjang akibat hasil pendaftaran tahap pertama dinilai tidak sesuai target. “Jumlah pelamar hingga tahap dua mencapai 4.099 pendaftar,” kata Abdullah Saidi, Senin (4/3/2019).

“Namun jumlah tersebut masih jauh dari target yang kita canangkan, sebab target yang kita butuhkan sebanyak 6.270 orang untuk menjadi Pengawas TPS,” sambung pria yang akrab disapa Pak Saidi.

Hanya saja sekalipun belum memenuhi target yang dicanangkan, pihaknya tetap memastikan bakal melakukan proses seleksi. “Prinsipnya setiap TPS sudah mencapai target, yakni dua petugas di setiap TPS,” tegasnya.

Minimnya pelamar PTPS untuk pelaksanaan pesta demokrasi yang akan digelar serentak 17 April 2019, salah satunya karena adanya persyaratan usia minimal 25 tahun. Sementara sebagian besar peminat berada di bawah usia tersebut. “Salah satunya faktor usia,” jelasnya.

Seperti diketahui, jumlah TPS Pemilu tercatat sebanyak 3.133 TPS tersebar di 189 desa/kelurahan di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Jumlah tersebut terdapat dua tambahan tanpa merubah TPS Reguler, yakni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) setempat.

Dengan jumlah tersebut, kemungkinan proses seleksi hanya mengambil sebanyak 3.133 orang dari total pendaftar yang masuk. Terlebih jika dipasang dua petugas per TPS, total pengawas semestinya berjumlah sebanyak 6.266 orang. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar