Politik Pemerintahan

Jumlah Blangko E-KTP di Jember Tinggal 498 Keping

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief

Jember (beritajatim.com) – Jumlah surat keterangan pengganti kartu penduduk elektronik (E-KTP) tak sebanding dengan jumlah persediaan blangko E-KTP di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief menjelasan, jumlah surat keterangan yang sudah dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat adalah 31.427 lembar. “Sementara sisa blangko E-KTP tinggal 498 keping,” katanya.

Dispendukcapil Jember sudah berkoordinasi intensif dengan Direktorat Jenderal Kependudukan Kementerian Dalam Negeri untuk menyediakan blangko E-KTP. “Sementara kesadaran masyarakat di Jember sangat tinggi untuk memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, salah satunya E-KTP,” kata Muqit. Surat keterangan menjadi solusi sementara.

Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jember mengkritik tidak adanya kepastian penggantian surat keterangan dengan KTP. “Dalam dua bulan bulan terakhir ini bagi masyarakat yang membutuhkan jangan harap bisa memiliki KTP, Meski syarat yang dibutuhkan lengkap,” kata juru bicara fraksi Imam Suyuti.

Ketidakpastian ini, menurut Imam, memberatkan masyarakat. “Surat keterangan ini memiliki batas waktu,” katanya. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar