Politik Pemerintahan

Jumlah APK Caleg Lebihi Ketentuan, Bawaslu Lakukan Penertiban

Sumenep (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) Pemilu 2019. Penertiban berupa penurunan APK tersebut dilakukan bersama Satpol PP.

“Ada 117 APK Caleg dari partai peserta pemilu yang kami tertibkan karena melanggar ketentuan,” kata Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris, Jumat (11/1/2019).

Ia memaparkan, APK yang ditertibkan itu tersebar di lima kecamatan, yakni Pragaan, Gapura, Kangayan, Lenteng dan Manding. Sebagian besar pelanggaran APK itu berupa dipaku di pohon dan jumlah APK yang dipasang melebihi batas yang ditentukan di setiap desa.

“Sesuai aturan, mestinya setiap desa maksimal ada 5 baliho dari masing-masing partai peserta pemilu dan spanduk 10 buah. Tetapi faktanya, caleg memasang lebih dari jumlah itu,” paparnya.

Ia menjelaskan, APK yang ditertibkan itu mayoritas merupakan APK caleg atau partai peserta pemilu. Sedangkan APK dari Capres-Cawapres dan DPD RI tidak ada. Namun jika ada, dipastikan juga akan ditertibkan.

“Kami akan terus melakukan pengawasan. Kalau memang ada APK yang melanggar ketentuan, pasti akan kami turunkan,” tegasnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar