Politik Pemerintahan

Jokowi Fokus Menyelesaikan PR Bangsa

Surabaya (beritajatim.com) – Anggota Komisi V DPR RI dari PDIP, Alex Indra mengatakan, sejak tahun 2015 telah digelontorkan dana desa yang setiap tahun meningkat jumlahnya untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

“Pembangunan desa akan berimplikasi desa menjadi produktif. Agar produksi desa bisa mencapai industri olahan dan pasar, maka dibutuhkan infrastruktur. Karena tanpa infrastruktur yang memadai, maka akan berimbas dengan biaya yang meninggi sehingga tidak kompetitif,” tegasnya melalui rilis yang diterima beritajatim.com, Selasa (12/2/2019).

Dengan sedemikian banyaknya proyek pembangunan yang dilaksanakan dalam waktu yang singkat ini, lanjut dia, adalah sesuatu yang wajar, bila ada satu atau dua yang bermasalah, tapi tetap dicarikan solusi dan diselesaikan.

“Pembangunan infrastruktur seperti tol memang dikerjakan oleh BUMN, tapi itu kan investasi. Sementara proyek lainnya bisa kita lihat dari persentase besar dan kecil nilainya di mana dari tahun ke tahun semakin besar persentase proyek dengan nilai kecil, di mana BUMN tidak boleh ikut serta,” tuturnya.

Wakil Direktur TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Lukman Edy menambahkan, soal perencanaan yang menjadi sorotan, pada dasarnya 4 tahun pemerintahan Jokowi adalah menjalankan perencanaan yang sudah disusun oleh pemerintahan sebelumnya.

“Menjalankan perencanaan dan fondasi yang sudah dibuat oleh pemerintahan sebelumnya penting untuk menjamin sustainable pembangunan. Kelebihan Pak Jokowi adalah fokus menyelesaikan pekerjaan, tidak ragu dan tidak pernah menunda pekerjaan, sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat sekarang ini. Jokowi tidak peduli dengan dinamika politik, bagi beliau bekerja serius, fokus dan menyelesaikan semua PR bangsa dan negara ini,” jelasnya.

Jika tim paslon 02 menyoroti soal perencanaan, menurut dia, berarti beliau belum memahami sistem perencanaan pembangunan bangsa ini. “Itulah sebabnya butuh calon pemimpin yang berpengalaman mengelola pemerintahan, sehingga ketika menjadi pemimpin bisa melanjutkan kemajuan bangsa,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar