Politik Pemerintahan

Jokowi Datang, Begini Pengamanan di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pengamanan rencana kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Banyuwangi telah dipersiapkan. Sebanyak 1.300 personel gabungan terlibat dalam pengamanan VVIP (Very Very Important Persons) ini.

Persiapan itu ditunjukkan dalam apel gelar pasukan di Lapangan Taman Blambangan, Banyuwangi. Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) ini terdiri dari unsur TNI dari Kodim 0825 Banyuwangi, Kodim 0823 Situbondo, Yon Armed 8 UY Jember, Yonif 500 Raider serta Polres Banyuwangi, yang dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan pendukungnya.

“Apel gelar pasukan ini, merupakan wujud kesiapan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah dalam menghadapi kegiatan pengamanan VVIP selama kunjungan Presiden RI ke wilayah Kabupaten Banyuwangi dalam rangka melaksanakan kampanye terbuka,”

“Serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personel beserta kelengkapannya termasuk sarana maupun prasarana pendukungnya,” jelas Dansatgas Pamwil, Danrem 083 Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo didampingi oleh Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto dan Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Minggu (24/3/2019).

Danrem 083 Baladhika Jaya mengatakan, rencana operasi dan seperangkat cara bertindak diharapkan dapat dilaksanakan secara sinergis oleh seluruh unsur pengamanan yang terlibat. Sehingga kegiatan kunjungan kerja Ir. Joko widodo beserta rombongan berjalan aman, tertib dan lancar.

“Kegiatan pengamanan kunjungan Bapak Ir. Joko Widodo ke wilayah Kabupaten Banyuwangi merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama, Meskipun tugas pengamanan VVIP sudah sering dilaksanakan sebelumnya, namun demikian kita tidak boleh lengah ataupun menganggap biasa tugas pengamanan VVIP seperti ini,” tegasnya.

Danrem Bagus juga menjamin berlangsungnya kunjungan kerja tersebut dapat berjalan lancar.

“Agar dalam pelaksanaannya nantinya berjalan dengan lancar dan aman, maka perlu dilaksanakan apel gelar pasukan yang bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan unsur pasukan yang terlibat pengamanan, baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap (protap) pengamanan VVIP, sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur dalam pelaksanaannya,” terangnya.

Usai kegiatan Apel gelar pasukan, langsung dilaksanakan gladi rangkaian Pam VVIP di mulai dari awal kegiatan sampai dengan selesainya kegiatan masing-masing Dan Sub Satgas Rute dan Dan Wadan Sub Satgas Rute. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar