Politik Pemerintahan

Jokowi Bicara Soal Jan Ethes dan Tiru Gaya Cak Lontong: Mikir!

Presiden Jokowi saat menghadari deklarasi Forum Alumni Jatim (FAJ) #01 di Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (2/2/2019)

Surabaya (beritajatim.com) – Capres Jokowi dalam orasinya di atas panggung deklarasi Forum Alumni Jatim (FAJ) #01 sempat menyindir lawan politiknya terkait penyebaran hoaks.

Salah satunya adalah kasus hoaks Ratna Sarumpaet yang seakan-akan mengalami penganiayaan dan ternyata terbukti melakukan operasi plastik.

“Untung, untung, akhirnya kebuka sendiri. Mengaku dipukuli, ternyata operasi plastik. Itu kan maunya mengarah tuduhannya ke pasangan 01. Terus nanti bilang kriminalisasi. Mikir…mikir. Maaf Cak Lontong, saya pinjam istilahnya,” tutur Jokowi sambil tertawa depan ribuan alumni perguruan tinggi yang hadir di depan Monumen Tugu Pahlawan Suabaya, Sabtu (2/2/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berkali-kali menirukan gaya Cak Lontong yang turut hadir di atas panggung saat menceritakan isu PKI yang dituduhkan kepadanya. Jokowi menegaskan, saat PKI dibubarkan tahun 1965, dirinya baru berusia 4 tahun.

“Masa ada PKI balita? Mikir..mikir..itu kalau kata Cak Lontong,” tegasnya.

Jokowi juga curhat soal cucunya, Jan Ethes yang akan dilaporkan ke Bawaslu RI. Jika cucunya benar dilaporkan dan dipanggil, maka dia akan menyuruh Jan Ethes mendatangi Bawaslu RI.

“Nanti kalau dilaporin, dipanggil Bawaslu, saya suruh datang cucu saya ke Bawaslu. ‘Sudahlah Thes sana datang sana’. Paling cucu saya ngomongnya masih gratal-gratul,” ujarnya.

Jokowi mengaku heran mengapa cucunya itu dibawa-bawa ke ranah politik pilpres.

“Masa saya nggak boleh bawa cucu saya main boom-boom car? Masa saya nggak boleh bawa cucu saya main di Kebun Raya Bogor? Masa saya nggak boleh ajak cucu saya jalan?” tutur Jokowi.

Permasalahan bermula dari pernyataan Ketua Tim Cakra 19, Andi Widjajanto yang menyebut Jan Ethes sebagai salah satu keunggulan Jokowi di Pilpres 2019. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi kemudian menyoal pernyataan Andi tersebut.

BPN meminta Bawaslu mengusut pernyataan Andi. Bawaslu diminta untuk menginvestigasi alasan Andi menyebut Jan Ethes sebagai salah satu keunggulan Jokowi di Pilpres 2019. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar