Politik Pemerintahan

Unggul Versi Hitung Cepat

JKSN Beber 3 Faktor Penentu Kemenangan Jokowi di Jatim

Sekretaris JKSN Zahrul Azhar atau Gus Hans

Jombang (beritajatim.com) – Sekretaris JKSN (Jaringan Kiai dan Santri Nasional) Zahrul Azhar atau Gus Hans menyebut ada tiga faktor penting yang menjadi pendulum kemenangan pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 17 April 2019.

Pertama, kerja Presiden Jokowi yang dirasakan langsung oleh rakyat. Kedua, tangan dingin Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam mengelola situasi yang ada. “Kemudian yang terakhir, keberadaan Kiai Ma’ruf Amin sebagai simbol ‘perlawanan’ terhadap kelompok yang selama ini ‘menyerang’ jamiyah NU,” ujarnya, Kamis (18/4/2019).

Salah satu pengasuh PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Jombang ini mengungkapkan, banyak program Jokowi yang sudah dirasakan secara langsung oleh rakyat. Semisal, pembangunan jalan tol trans Jawa. Dengan akses tersebut bisa memperpendek jarak dari kota satu ke kota lainnya.

Kemudian Jokowi sangat memperhatikan desa. Betapa tidak, sejak 2015 hingga saat ini telah mengucurkan anggaran untuk DD (Dana Desa) Rp 187 Triliun. Tentu saja, kebijakan tersebut langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Pemanfaatan DD yang dikucurkan setiap tahun terus mengalami peningkatan dan tepat sasaran. Semisal untuk pembangunan infrastruktur maupun menggenjot pertumbuhan ekonomi. Belum lagi program PKH (Program Keluarga Harapan) yang notabene berperan besar dalam menurunkan angka kemiskinan,” ujar Gus Hans.

“Faktor lainnya, menang tebalnya paslon 01 di Jatim tidak lepas dari Khofifah effect, yang bisa merangkul semua elemen secara cepat kepada rival-rival politiknya di saat Pilgub (Pemilihan Gubernur) yang lalu,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, hingga saat ini pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin masing unggul sementara dari rivalnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hasil quick count Litbang Kompas, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 55 persen dan Prabowo-Sandi 44 persen. Lembaga Survei lainnya, seperti Charta Politika, Poltracking, Indikator Politik Indonesia dan Indo Barometer juga mecatat data yang hampir sama. Sedangkan di Jatim, kemenangan Jokowi-Ma’ruf berkisar di angka 65 persen. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar