Politik Pemerintahan

1.791 CJH Asal Kabupaten Mojokerto Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Jemaah Haji Tertua Usia 93 Tahun

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 1.791 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Mojokerto mengikuti pembukaan bimbingan manasik haji di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Mojokerto. Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi membuka bimbingan manasik haji tahun 2019.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Mojokerto, Barozi mengatakan, persiapan CJH Kabupaten Mojokerto sudah mencapai 95 persen. “CJH mendapatkan materi manasik yang berkaitan dengan kesehatan, ilmu manasik haji dan pelaksanaan praktek di lapangan,” ungkapnya, Selasa (17/6/2019).

CJH Kabupaten Mojokerto tahun 2019 dengan total 1.791 orang,¬†terdiri dari 837 orang laki-laki dan 954 orang jemaah perempuan. Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 lalu, yang hanya sebanyak 1.402 orang. Lansia tertua, Mi’un (93) warga Desa Sengon, Kecamatan Ngoro dan termuda, Rohilah (19) warga Mojosari.

“Persiapan manasik haji sudah dilaksanakan di tingkat kecamatan, dan pada tingkat kabupaten. Kali ini calon haji mendapatkan pemantapan pelaksanaan manasik selama 6 kali di IPHI Kabupaten Mojokerto. Dimohon untuk yang berusia muda untuk saling membantu disana saat ibadah haji nanti,” katanya.

Sementara itu, Wakil Mojokerto, Pungkasiadi berpesan pada para CJH untuk wajib menaati semua instruksi dan arahan pembimbing.¬†“Nantinya kalau sudah tiba di tanah suci, saya minta jamaah wajib menaati peraturan dan arahan pembimbing,” pesannya.

Kepada staf yang bertugas, lanjut orang nomor dua di Kabupaten Mojokerto ini agar terus melayani para jemaah karena merupakan tugas sebagai pelayan masyarakat. Hadiri Plt Kepala Kemenag Kanwil Provinsi Jawa Timur, Moch Amin Mahmud dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar