Politik Pemerintahan

Jemaah Haji Sumenep Tahun 2020 Sebanyak 652 Orang

Sumenep (beritajatim.com) – Kabupaten Sumenep pada tahun 2020 mendapatkan kuota calon jemaah haji (CJH) sebanyak 652 orang.

“Total calon jemaah haji Sumenep yang akan berangkat tahun ini sebanyak 652 orang. Kami sudah memberitahukan pada mereka, bahwa mereka akan diberangkatkan pada tahun ini,” kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Moh. Rifai Hasyim, Jumat (07/02/2020).

Menurutnya, 652 CJH tersebut juga telah diminta untuk segera melunasi biaya perjalanan haji, sesuai besaran yang nanti akan ditetapkan oleh pemerintah. “Saat ini kami dalam proses pengurusan paspor para CJH itu dan sudah hampir tuntas 100 persen,” ujarnya.

Menurut Rifai, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pengurusan paspor CJH untuk tahun ini memang dilakukan lebih awal. Bahkan di saat para tamu Allah itu belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH).

“Tahun ini kami sengaja mendahulukan pembuatan paspor sebelum calon jemaah haji itu melunasi BPHI. Bagi kami, pelunasan biaya itu lebih gampang dibandingkan pengurusan paspor,” terangnya.

Selain mengurus paspor, lanjutnya, pihaknya juga melakukan manasik haji secara mandiri. Artinya, para jemaah yang membiayai semua kebutuhan saat pelaksanaan manasik itu.

“Jadi karena ini manasik secara mandiri, maka dilaksanakan dengan biaya sendiri atau tidak ditanggung negara. Tapi rupanya para CJH itu antusias semua meski ini manasik mandiri,” tandasnya.

CJH yang akan berangkat tahun ini adalah mereka yang mendaftar pada tanggal 1 Maret hingga 8 September 2011. Di luar tanggal tersebut masih menjadi daftar tunggu pemberangkatan berikutnya. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar