Politik Pemerintahan

Jelang Pemilu 2019, Besok Puluhan Personil Polri Dikirim ke Pulau Bawean

Gresik (beritajatim.com) – Puluhan anggota personil dari Polres Gresik besok pagi diberangkatkan ke Pulau Bawean. Pengiriman personil itu dimaksudkan untuk pengamanan menjelang pemilihan presiden (Pilpres), dan pemilihan legislatif (Pileg) pada 17 April 2019.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan, personil yang dikirim ke Pulau Bawean ditempatkan di dua kecamatan. Yakni, Kecamatan Sangkapura, dan Tambak. “Besok pagi 33 personil kami berangkatkan dengan kapal cepat ke Pulau Bawean. Mereka nantinya langsung ditempatkan di sejumlah desa disana,” katanya, Minggu (14/04/2019).

Berdasarkan data, ada dua kecamatan di Pulau Bawean. Sedangkan jumlah disana desa di daerah tersebut ada 30 desa. Rinciannya, 17 desa di Kecamatan Sangkapura, dan 13 desa di Kecamatan Tambak. “Satu personil mengamankan satu desa, dan dibantu oleh anggota Babinsa TNI serta Linmas,” ujar Wahyu.

Ia menambahkan, dari 33 personil yang dikirim dibagi menjadi 15 personil per kecamatan. Termasuk diantaranya pengamanan TPS serta gangguan kamtibmas di wilayah Pulau Bawean.

“Saya menghimbau kepada personil yang diberangkatkan ke Pulau Bawean yang akan melaksanakan pam pilpres dan pileg 2019 serentak agar melaksanakn tugas dengan baik, serta mengikuti instruksi arahan dari Kapolsek di daerah setempat,” tambahnya.

Selain melakukan kordinasi pengamanan lanjut Wahyu, dirinya terus menekankan agar anggota yang bertugas menjaga sikap netralitas Polri pada pemilu serentak dengan melakukan pengamanan sesuai dengan SOP yang ada, hindari penyimpangan pada saat pengamanan. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar