Politik Pemerintahan

Diduga Libatkan Anak-anak Saat Kampanye

Istri Bupati Sumenep Diperiksa Bawaslu

Sumenep (beritajatim.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep melakukan pemeriksaan terhadap Nurfitriana, caleg DPRD Jawa Timur Daerah Pemilihan XIV Madura.

Pemeriksaan terhadap caleg yang juga istri Bupati Sumenep, A. Busyro Karim ini menindaklanjuti laporan dari masyarakat, bahwa Nurfitriana saat berkampanye Pemilu 2019 di Desa Pagar Batu, Kecamatan Saronggi, melibatkan anak-anak.

“Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap caleg atas nama Nurfitriana. Pemeriksaan kami lakukan selama dua jam, untuk mengklarifikasi laporan yang diterima Bawaslu,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sumenep, Anwar Noris, Sabtu (16/03/2019).

Ia menerangkan, sesuai aturan, peserta pemilu dilarang melibatkan anak-anak dalam berkampanye. Karena itu, ketika mendapat laporan bahwa caleg tersebut diduga melibatkan anak-anak saat berkampanye, maka Bawaslu harus melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan.

“Hasil pemeriksaan, Nurfitriana mengaku tidak merasa jika ada anak-anak ketika foto bersama usai acara di Pagar Batu. Dan acara tersebut bukan merupakan kampanyenya, karena ia hadir sebagai undangan,” ungkap Noris.

Ia melanjutkan, saksi atau pelapor ternyata tidak melihat langsung pada saat acara itu berlangsung. Bahkan foto yang menjadi bukti pelapor justru diambil dari media sosial milik Nurfitriana.

Karena itulah, Bawaslu menyatakan bahwa laporan dugaan pelanggaran kampanye dengan terlapor caleg DPRD Jawa Timur Nurfitriana, tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan.

“Kami sudah melakukan kajian hasil pemeriksaan atas laporan ini dengan Kepolisian dan Kejaksaan yang tergabung dengan Centra Gakumdu (Gabungan Penegak Hukum Terpadu). Kesimpulannya dihentikan karena tidak memenuhi syarat,” ungkapnya. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar