Politik Pemerintahan

Ipong Terima RPKP, Program Baru dari Kemendes PDTT

Menteri Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar memberikan dokumen RPKP kepada Bupati Ipong Muchlissoni (foto : Pemkab Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ponorogo menjadi satu-satunya Kabupaten atau Kota di Jawa Timur yang menjadi pilot projects Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP) oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Itu dipastikan saat Menteri Kemendes PDTT
Abdul Halim Iskandar memberikan dokumen RPKP kepada Bupati Ipong Muchlissoni bersama dengan 9 perwakilan Kabupaten/Kota lainnya. Dalam acara rapat koordinasi nasional (rakornas) Pembangunan Kawasan Perdesaan Tahun 2019 pada hari Selasa (3/12/2019) di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta.

RPKP merupakan hasil fasilitasi penyusunan masterplan kepada masing-masing Kepala Daerah dari seluruh Indonesia. Dan untuk Ponorogo dokumen RPKP untuk Pudak. Tujuan proyek tersebut untuk akselerasi desa dalam membangun. Serta diharapkan dapat meningkatkan skala ekonomi dengan adanya kerjasama antar desa. Sehingga mampu meningkatkan nilai tambah dari komoditas yang dihasilkan dari kawasan perdesaan tersebut.

”Alhamdulillah, Ponorogo dipilih sebagai pelaksana program pembangunan kawasan pedesaan terpadu,” kata Ipong, Selasa sore.

Ipong mengungkapkan program ini sangat penting, sebab sangat bermanfaat untuk pembangunan desa. Khususnya di Pudak yang menjadi tempat dari program yang akan dilaksanakan di Ponorogo tersebut. Dia menyebut bahwa RPKP ini merupakan program baru yang digagas oleh Kemendes PDTT.

”Jadi daerah yang memperoleh program ini, nantinya akan menjadi model program percontohan untuk daerah lainnya,” katanya.

Untuk segera merealisasikan pembangunan di Pudak sesuai dengan RPKP, Ipong rencananya akan mengeluarkan Peraturan Bupati untuk mendukung pembangunan tersebut.

”Tadi langsung mengadakan rapat dengan Kepala Dinas dan Kepala OPD terkait tentang hal ini. Supaya segera merealisasikan program tersebut di Pudak,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar