Politik Pemerintahan

Inilah Prediksi 87 Nama Anggota DPR RI 2019-2024 dari Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – PDI Perjuangan selain menjadi pemenang perolehan kursi terbanyak di DPRD Jatim dengan 27 kursi, partai berlambang banteng moncong putih ini juga meraup 20 kursi dari 87 kursi DPR RI dari 11 daerah pemilihan Jatim.

Di bawah PDIP, ada PKB 19 kursi, Gerindra 11 kursi, Golkar 11 kursi, NasDem 9 kursi, Demokrat 7 kursi, PAN 5 kursi, PPP 3 kursi dan PKS 2 kursi.

Untuk pertarungan di Dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo), Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, Senin (13/5/2019) mengatakan, sederet nama artis diprediksi gagal lolos ke senayan. Mereka adalah Ahmad Dhani, Andre Hehanusa, Sundari Soekotjo dan Manohara Odelia.

“PDI Perjuangan memenangkan pertarungan di Dapil Jatim 1 (Surabaya dan Sidoarjo) dengan perolehan 3 kursi, disusul PKB 2 kursi, selanjutnya masing-masing memperoleh satu kursi, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PKS dan Partai Demokrat,” katanya.

Musisi kenamaan Ahmad Dhani Prasetyo dari Gerindra yang saat ini berada dalam tahanan gagal memperoleh kursi setelah mendapatkan 40.148 suara dan berada pada ranking ketiga di Partai Gerindra, setelah Rahmat Muhajirin (86.274) dan Bambang Haryo Soekarto (52.451). Partai Gerindra memperoleh satu kursi di Dapil ini.

Dia menambahkan, caleg artis lainnya yang juga gagal memperoleh kursi di Dapil ini yaitu Sundari Soekotjo (9.754) karena berada pada posisi ranking ke-6 di PKB, Andre Hehanusa (26.139) berada pada posisi ranking ke-5 di PDIP, Manohara Odelia (6.865) berada pada posisi ranking ke-5 di Partai Nasdem.

Sementara, mantan Calon Wakil Gubernur Jatim dari PDI Perjuangan, Puti Guntur Soekarno, mantan Walikota Surabaya Bambang DH, Syaikhul Islam (PKB), Adies Kadir (Golkar) adalah caleg Dapil Jatim 1 yang lolos dengan perolehan suara di atas 100 ribu suara.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jatim yang sudah menjalankan tugas konstitusional. “Kita sepakat dengan demokrasi. Kita juga sudah melaksanakan demokrasi itu dengan baik. Jatim tetap adem dan tentram. Kami atas nama keluarga PDIP juga mengucapkan bela sungkawa kepada para pejuang demokrasi yang meninggal dunia saat bertugas,” kata Kusnadi didampingi Sekretaris PDIP Jatim, Sri Untari kepada beritajatim.com.

Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat Jatim yang telah memilih PDIP pada Pileg 2019 dan pasangan nomor urut 01 pada Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Untuk Pileg 2019, dari 87 kursi DPR RI yang dialokasikan untuk Jatim, maka PDIP Insya Allah mendapatkan perolehan 20 kursi dari Dapil Jatim. Itu artinya hampir 24 persen lebih. Kami menang dibandingkan partai lain. Begitu juga dengan kursi DPRD Jatim dari alokasi 120 kursi, kami bisa memastikan mendapat 27 kursi atau 22,5 persen, ini dari hitungan rekapitulasi tingkat KPU Jatim di Hotel Singgasana beberapa hari lalu,” jelasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar