Politik Pemerintahan

Ini Tujuan Pemkab Malang Gandeng PDAM Taiwan

Kunjungan kerja TWC atau PDAM nya Taiwan, Selasa (8/1/2019) siang, mereka disambut jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang, di Peringgitan Pendopo Agung, Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bakal bekerja sama dengan Taiwan Water Corporation (TWC) untuk teknik pengolahan air, dan fasilitas suplai air dalam meminimalisir adanya kebocoran.

Dalam kunjungan kerja TWC atau PDAM nya Taiwan, Selasa (8/1/2019) siang, mereka disambut jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang, di Peringgitan Pendopo Agung, Kota Malang.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan, kunjungan TWC ini merupakan kunjungan balasan guna membahas bentuk kerjasama dalam teknik pengolahan air dan fasilitas suplai air. “Mereka datang untuk membahas rencana kerjasama dalam pembangunan program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM dengan Non-Revenue Water (NRW) yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kekurangan pasokan air,” ungkap Syamsul.

Kata Syamsul, diharapkan melalui kerjasama dengan Taiwan ini nantinya dapat meningkatkan dan menyempurnakan kualitas air. Akan tetapi, kerjasama ini akan ditelaah terlebih dahulu layak tidaknya.

“Kerjasama ini masih akan dipertimbangkan terlebih dahulu. Apakah nanti memang layak apa tidak untuk bekerjasama dengan Taiwan ini. Kita menunggu hasil dari Konsultan untuk menyusun DED yang nantinya akan di pelajari dan untuk disepakati bersama-sama. Tapi, semuanya nanti tergantung kepada pemerintah daerah,” bebernya.

Masih kata Syamsul, TWC (PDAM Taiwan) menawarkan kerjasama untuk menularkan teknologi dan pengalaman yang dimilikinya dalam teknik pengolahan dan suplai air dengan fokus pada water treatment. “Nantinya, kerjasama ini akan difokuskan pada water treatment. Karena, Selama ini 90 persen air yang didistribusikan berasal dari sumber, kedepan air sungai akan kami proses seperti yang ada di Taiwan. Sebab kondisi geografis dan banyaknya aliran sungai yang ada di Kabupaten Malang, sangat mendukung teknologi tersebut,” Syamsul mengakhiri. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar