Politik Pemerintahan

Ini Tujuan Bursa Inovasi Desa di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Bursa Inovasi Desa yang digelar di Kabupaten Pamekasan, dilakukan sebagai upaya memberikan gambaran secara umum bagi para pemangku kebijakan di tingkat desa seputar berbagai inovasi yang bisa dilakukan pemerintah desa.

Hal itu disampaikan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, melalui Camat Tlanakan, Sumiati saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa Cluster V Kecamatan Pamekasan dan Tlanakan, yang digelar di Pendopo Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Rabu (19/9/2019).

“Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka memberikan gambaran bagi para pemangku kebijakan tentang berbagai inovasi di tingkat desa, tentunya dengan harapan dapat dijadikan sebagai masukan dalam penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Tahun 2020,” kata Sumiati.

Sejumlah produk dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa Cluster V Kecamatan Pamekasan dan Tlanakan, di Pendopo Kecamatan Tlanakan, Rabu (19/9/2019).

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut nantinya diharapkan dapat memberikan pemahaman baru tentang bagaimana menciptakan inovasi baru di tingkat desa. Salah satunya sesuai dengan tema yang diangkat, yakni ‘Datang, Komit, Tiru dan Maju’.

“Datang ke bursa Inovasi desa dengan mengamati berbagai inovasi yang ada, berkomitmen tentang rencana inovasi yang akan dimasukkan di APBDes, meniru berbagai praktik inovasi yang nantinya akan memberikan dampak positif untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, program tersebut juga dinilai dalam memberikan dampak perkembangan positif untuk pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat desa di Bumi Gerbang Salam. Terlebih juga sesuai dengan berbagai regulasi tentang desa.

“Bagaimanapun jika kita semua tetap mengacu pada berbagai regulasi yang ada tentang bursa inovasi desa, kami yakin kedepan dapat memberikan dampak positif bagi desa. Dan tentunya demi kebaikan maupun kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya.

Dari total sebanyak 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, seluruhnya dibagi ke dalam enam cluster berbeda. Masing-masing Kecamatan Batumarmar, Pasean dan Waru (Cluster I), Pagantenan, Pakong dan Palengaan (Cluster II), dan Kecamatan Pademawu (Cluster III).

Sementara Cluster IV menaungi tiga kecamatan berbeda, yakni Kecamatan Galis, Kadur dan Larangan, kecamatan Pamekasan dan Tlanakan masuk sebagai Cluster V, serta Kecamatan Proppo tercatat di Cluster VI. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar