Politik Pemerintahan

Ini Sosok Ketua Tim Pemenangan Mantan Kapolda Jatim di Pilwali Surabaya

Miratul Mukminin (Gus Amik)

Surabaya (beritajatim.com) – Majunya mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (purn) Machfud Arifin menjadi calon Wali Kota Surabaya dikawal sejumlah politikus berpengalaman. Misalnya di barisan tim pemenangan yang diketuai Miratul Mukminin atau yang akrab disapa Gus Amik.

Gus Amik bukan orang baru di dunia politik tanah air. Namanya sudah familiar di dunia perpolitikan nasional. Pengasuh Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran itu punya kedekatan dengan semua pimpinan partai politik di tanah air.

Karir politik Gus Amik dimulai ketika menjadi anggota DPRD Jatim dua periode. Dia lantas dipercaya menjadi Wakil Bupati Magetan dan sempat naik menjadi bupati.

Pada pemilu 2019, Gus Amik juga didapuk sebagai salah satu koordinator Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN). Organisasi relawan tersebut merupakan salah satu motor pemenangan pasangan Joko Widodo–Ma’ruf Amin. Di JKSN, Gus Amik bergandengan dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Gus Amik yang juga saudara dekat dari Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan ini memang sudah lama punya kedekatan dengan Machfud Arifin. “Gus Amik bersama Pak Dahlan mendorong saya untuk turun di Surabaya. Saya sebenarnya ingin istirahat. Tapi dorongan dari beliau membuat saya tergerak berjuang bersama membawa Surabaya lebih maju,” kata Machfud Arifin saat mengenalkan Gus Amik di depan kader Partai Demokrat beberapa waktu lalu.

Partai pengusung Machfud pun klop meminta Gus Amik menjadi ketua tim pemenangan. Misalnya sekretaris DPW PPP Jawa Timur Norman Zaenahdi. “Beliau (Gus Amik) itu politikus senior. Sudah menjadi politisi sejak era ayah saya (Sulaeman Fadeli),” ujar Norman.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua DPC PAN Surabaya, Hafid Suaidi. Dia menyebut, Gus Amik layak menjadi tim pemenangan karena sangat paham konstestasi politik dan dinamikanya di Surabaya maupun Jawa Timur.

Pun dengan Partai Demokrat. Ketua DPC Partai Demokrat Lucy Kurniasari mengatakan, Gus Amik cukup dekat dengan semua pimpinan parpol di tingkat pusat.

“Dengan kedekatan itu, Gus Amik bisa lebih mudah menyinergikan beberapa parpol yang masing-masing punya budaya berbeda. Menjadikan banyak parpol solid mendukung satu paslon dalam waktu singkat itu jelas bukan pekerjaan mudah. Tidak semua bisa melakukan itu, tapi Gus Amik bisa,” jelasnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya, BF Sutadi juga punya pandangan serupa. “Sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuan manajerial Gus Amik. Selain politikus senior, beliau juga mengelola banyak perusahaan,” ujarnya.

Politikus kawakan asal PKB, Musyafak Rouf juga senada. Kata Ketua DPC PKB Surabaya itu, Gus Amik sangat cocok dan pas sebagai ketua tim pemenangan Machfud Arifin.

“Beliau ini komplet. Dekat dengan politisi dan ulama. Latar belakangnya pengusaha sekaligus pimpinan pesantren yang mengelola 162 lembaga pendidikan membuat beliau paham kultur pesantren,” kata mantan Ketua DPRD Surabaya itu. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar