Politik Pemerintahan

Ini Kriteria Ketua Ansor Jatim Versi Ansor Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Pamekasan, Syafiuddin memiliki beberapa kriteria untuk sosok calon ketua Ansor Jawa Timur, yang akan dipilih dalam Konferensi Wilayah Ansor Jatim yang akan digelar di Pondok Pesantren Sabilur Rosyad, Malang, Minggu (28/7/2019) mendatang.

“Ketua Ansor Jatim harus mampu melayani dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kebutuhan Ansor, tentunya harus memiliki kriteria khusus. Di antaranya muda, tuntas kaderisasi, serta komitmen menangkal paham radikalis,” kata Ketua GP Ansor Pamekasan, Syafiuddin, Senin (22/7/2019).

Ia juga menegaskan sosok pemimpin Ansor harus sigap menangkal berbagai gangguan paham radikalisme yang mulai marak dalam beberapa tahun terakhir. “Sosok pemimpin Ansor harus mampu menangkal paham radikalisme, terutama dalam menerangi paham radikal yang mulai menjamur di masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya berharap pemimpin yang akan datang mampu merealisasikan serta mewujudkan harapan dari semua kalangan khususnya para warga nahdliyin, tidak terkecuali bagi kader Ansor se Jatim. “Harapan kami bagaimana nanti calon ketua Ansor Jatim mampu menetakkan dan membina kader dengan cara terbaik,” harapnya.

Calon ketua Ansor Jatim juga dinilai akan memiliki tantangan berat, khususnya di erap disrupsi seperti saat ini. Sehingga dibutuhkan sosok visioner yang mampu mewujudkan cita-cita besar organisasi. “Dengan demikian, pemimpin yang akan datang bakal mampu mengembalikan kejayaan Ansor Jawa Timur, yang selama ini menjadi barometer dalam skala nasional,” jelasnya.

Dari itu pihaknya menginginkan figur pimpinan Ansor Jatim berasal dari kalangan pemuda dan energik, serta memiliki semangat tinggi untuk mengembalikan kejayaan organisasi pemuda di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). “Ketua Ansor Jatim harus punya ikhtiar menjadikan kaderisasi sebagai agenda utama, karena Ansor adalah organisasi kader,” tegasnya.

“Oleh sebab itu, kami berharap di masa yang akan datang akan banyak anggota Ansor yang potensial dan mampu bersaing di pasar bebas, terutama memasuki era pasar bebas alias MEA,” sambung pria yang akrab disapa Syafi’.

Tidak kalah penting pihaknya berharap agar pelaksanaan Konferensi Wilayah GP Ansor Provinsi Jawa Timur, dapat berlangsung lancar dan sukses, serta melahirkan pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab terhadap marwah organisasi.

“Harapan semoga Konferwil menjadi ajang Fastabiqul Khairat, dan bukan semata-mata menjadi kompetisi merebut kekuasaan,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar