Politik Pemerintahan

Ini Interview Ekslusif dengan Ketua Dewan Termuda se-Jatim

Gresik (beritajatim.com) – Empat hari lagi, tepatnya 23 Agustus 2019, Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) dilantik menjadi anggota DPRD Gresik periode 2019-2024. Gus Yani sapaan akrabnya, juga terpilih sebagai Ketua DPRD kendati masih berumur 35 tahun. Terpilihnya Gus Yani asal Fraksi PKB itu, bisa jadi sejarah bagi legislatif Gresik, dan Jawa Timur. Pasalnya, menantu KH. Agoes Mashuri (Gus Ali) itu termasuk ketua dewan termuda.

Berikut wawancara Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) dengan beritajatim.com di kediamannya di Perumahan Randu Agung Jalan Bengawan Solo 56 Gresik.

Beritajatim.com: Assalamualaikum Gus Yani, selamat datang kembali di tanah air setelah menjalankan ibadah haji dari tanah suci.

Gus Yani: Alhamdulillah terima kasih mas atas doanya.

Beritajatim.com: Gus Yani, empat hari lagi Anda dilantik menjadi anggota dewan sekaligus disahkan menjadi Ketua DPRD Gresik. Setelah surat keputusan dari DPP PKB nomor 30005/DPP-03/VI/A.1/VIII/2019 tentang Penetapan H.Fandi Ahmad Yani sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Gresik periode 2019-2024. Tanggapan Anda bagaimana terkait dengan surat dari DPP PKB itu.

Gus Yani: Alhamdullah, saya masih diberi kesempatan. Mudah-mudahan jabatan ini amanah, apalagi saya tergolong masih muda sebagai ketua dewan. Karena itu, saya terus memohon doa dan meminta maaf selalu istiqomah. Mugi-mugi jabatan yang saya emban ini bermanfaat untuk kepentingan masyarakat Gresik.

Beritajatim.com: Gus Yani ini kan tergolong ketua dewan termuda, tidak hanya Gresik, tapi juga di Jawa Timur. Bagaimana nanti memimpin 50 anggota dewan di Gresik yang sebagian besar merupakan anggota dewan senior, umurnya diatas Anda. Apa tidak canggung saat mengambil keputusan.

Gus Yani: Masalah saya masih muda dan dianggap golongan millenial, memang justru sepatutnya yang muda ini berkolaborasi serta bersinergi dengan anggota dewan yang senior. Jadi, untuk membangun Gresik lebih maju lagi. Apa yang pernah saya sampaikan membangun Gresik perlu sinergi baik itu dengan yang senior maupun junior seperti saya.

Beritajatim.com: Apa ada tagline khusus sebagai inspirasi untuk membangun Gresik kedepannya, mengingat Pendapatan Asli Daerah (PAD) di P-APBD 2019 tembus di angka di atas Rp 3 Triliun.

Gus Yani: Dengan APBD sebesar itu, saya punya tagline yakni membangun Gresik maju. Dimana, dengan konsep makmur aman, jaya dan unggul. Bagaimana membangun sumber daya manusia yang unggul. Kalau SDM-nya sudah unggul, otomatis bisa memperbaiki Gresik lebih baik lagi. Dengan SDM yang unggul, juga berimbas pada pembangunan fisik yang nantinya juga dinikmati oleh masyarakat Gresik.

Untuk istilah maju, bagaimana pun peran generasi millenial sangat diharapkan di tengah industri 4.0. Lalu apa hubungannya industri 4.0 dengan pemerintah. Hubungaannya sangat erat salah satu contohnya adalah perkembangan teknologi informasi. Disadari atau tidak, perkembangan teknologi tersebut sangat cepat. Aksen informasi mudah didapat dimana-mana. Tugas generasi millenial menciptakan teknologi yang bermanfaat. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan akses informasi maupun pelayanan dari birokrasi dengan mudah.

Beritajatim.com: terima kasih Gus Yani atas waktunya. Semoga jabatan sebagai Ketua DPRD Gresik beramanah serta bermanfaat bagi masyarakat Gresik untuk kedepannya.

Seperti diberitakan, H.Fandi Ahmad Yani selain sebagai Ketua DPRD Gresik termuda. Caleg asal dapil 2 (Duduksampeyan, Gresik) itu. Pada pemilihan legislatif (Pileg) 17 April 2019 lalu juga memperoleh suara terbanyak yakni 18.023 suara. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar